Selasa 19 Dec 2023 12:16 WIB

Nasihat Christian Eriksen untuk Kapten Luton Town yang Terkena Serangan Jantung

Tom Lockyer mengalami serangan jantung pada akhir pekan lalu.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Tom Lockyer
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Tom Lockyer

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang Manchester United (MU) Christian Eriksen mengirimkan pesan dukungan untuk kapten Luton Town Tom Lockyer. Nama terakhir mengalami serangan jantung pada akhir pekan lalu.

Lockyer memperkuat Luton menghadapi AFC Bournemouth dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2023/24. Duel berlangsung di Dean Court atau yang jug bernama Vitality Stadium. Saat pertandingan memasuki menit ke-55, palang pintu tim nasional Wales itu terjatuh.

Baca Juga

Sang bek langsung mendapat perawatan dari staf medis. Setelahnya ia dibawa ke Rumah Sakit. The Hatters mengumumkan apa yang terjadi. 

Untungnya, Lockyer dalam kondisi stabil. Rupanya bukan cuma di laga ini ia terjatuh. Bulan Mei lalu, palang pintu 29 tahun itu pingsan saat tampil di final play-off menghadapi Coventry City di Stadion Wembley, London.

"Tom masih menjalani serangkaian tes dan pemindaian. Kemudian menunggu hasilnya sebelum menuju tahapan berikut untuk pemulihan," demikian pernyataan the Hatters, dikutip dari laman Metro, Selasa (19/12/2023).

Situasi ini mengingatkan para penggemar sepak bola pada kejadian di Euro 2020. Saat itu, Eriksen mengalami serangan jantung. Eks Tottenham Hotspur ini merupakan andalan Denmark di turnamen yang sempat mengalami penundaan dan akhirnya berlangsung pada 2021 itu.

Dalam sebuah pertandingan di fase grup menghadapi Finlandia, sang gelandang tiba-tiba pingsan. Setelah mendapat perawatan, yang bersangkutan diketahui mengalami permasalahan di jantung. 

Namun keajaiban terjadi. Pemulihan Eriksen berjalan lancar. Ia dipasangi perangkat Implantable Cardioverter Defibrillators (ICD) yang berfungsi mengembalikan irama jantung ke situasi normal. ICD juga dapat memantau denyut jantung secara kontinyu.

Delapan bulan kemudian, Eriksen bukan hanya sembuh total. Lebih dari itu, ia kembali bermain bola di kompetisi dengan tingkat intensitas yang sangat tinggi. Kini. ia menaruh perhatian pada rekan sprofesinya yang mengalami masalah serupa.

"Pertama-tama, saya harap dia baik-baik saja. Saran saya kepadanya, ambil keputusan terbaik. Dengarkan dokter. Jika mereka meminta anda melakukan hal lain, hormati itu," kata sosok yang juga pernah berkostum Inter Milan itu. 

Eriksen berharap Lockyer bisa lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga saat sudah sembuh. Biasanya di momen seperti itu, muncul pertimbangan terbaik untuk semuanya.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement