Selasa 19 Dec 2023 12:38 WIB

Pengakuan Mengejutkan Netanyahu Soal Negara Palestina dan Israel Raya

Netanyahu berjanji akan menghalangi adanya negara Palestina

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
PM Israel, Benjamin Netanyahu berjanji akan menghalangi adanya negara Palestina
Foto: EPA-EFE/MENAHEM KAHANA
PM Israel, Benjamin Netanyahu berjanji akan menghalangi adanya negara Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Dalam pengakuan yang mengejutkan pada konferensi pers Tel Aviv, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah mengakui secara terbuka kebanggaannya dalam memblokir pembentukan negara Palestina. 

"Saya bangga bahwa saya mencegah pembentukan negara Palestina," kata Netanyahu sebelum menawarkan akun ahistoris tentang apa yang disebut proses perdamaian dan Persetujuan Oslo 1993, untuk membenarkan penentangannya terhadap konsensus internasional untuk mengakhiri pendudukan ilegal Israel di Palestina. 

Baca Juga

Kesepakatan yang ditandatangani Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) saat itu, Yasser Arafat, dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin, melihat Palestina menyerahkan 78 persen dari tanah bersejarah mereka. 

Demi perdamaian, orang-orang Palestina juga mengakui negara Zionis Israel, terlepas dari sejarah pembersihan etnis dan pendudukan militer yang brutal. 

Menolak untuk mengakui bahwa beberapa dekade penindasan keras hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri telah memicu perlawanan Palestina. 

Mengabaikan 75 tahun pendudukan militer, Netanyahu mengklaim bahwa, "Semua orang mengerti apa yang bisa menjadi negara Palestina itu, sekarang kita telah melihat negara Palestina kecil di Gaza."

Kesalahpahaman berlanjut dengan Netanyahu melanjutkan dengan mengatakan bahwa, "Semua orang mengerti apa yang akan terjadi jika kita menyerah pada tekanan internasional dan memungkinkan negara seperti itu di Yudea dan Samaria (Tepi Barat yang diduduki), mengelilingi Yerusalem dan di pinggiran Tel Aviv." 

Perjanjian damai Kesepakatan Oslo ditandatangani oleh PLO, sebuah kelompok payung yang mewakili badan terbesar orang Palestina.

PLO tidak hanya mengakui Israel, tetapi juga menyerahkan hak untuk perlawanan bersenjata demi perdamaian. Namun, dalam tiga dekade sejak perjanjian ditandatangani, Israel telah melanjutkan aneksasi kolonial pemukimnya atas tanah Palestina, dan tidak pernah sekalipun menerima keberadaannya di samping negara Palestina yang berdaulat dan layak. 

Analis setuju bahwa negara seperti itu adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik. Israel, meskipun, menolak untuk menerima ini, memilih untuk mempertahankan pendudukannya dalam mengejar apa yang disebut "Israel Raya". 

Cetak biru untuk ini dikatakan mengambil seluruh Palestina, Semenanjung Sinai Mesir, Arab Saudi utara, Yordania dan sebagian Irak, dan Lebanon selatan. 

Baca juga: Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Mengakui bahwa proses perdamaian adalah sandiwara, Netanyahu menjelaskan bahwa dia "mewarisi" Persetujuan Oslo. 

"Keputusan untuk membawa PLO dari Tunis, dan menanamnya di jantung Yudea dan Samaria (Tepi Barat), dan di Gaza, adalah keputusan yang dibuat dan dilaksanakan sebelum (Saya) menjadi perdana menteri," dia menunjukkan Itu adalah kesalahan yang mengerikan.

Menyalahkan jurnalis yang telah mengajukan pertanyaan, Netanyahu menambahkan: “Anda dan teman-teman jurnalis Anda telah menyalahkan saya selama hampir 30 tahun karena mengerem Perjanjian Oslo, dan mencegah negara Palestina. Itu benar.”

 

 

Sumber: middleeastmonitor 

photo
Sejarah Perlawanan Palestina - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement