Selasa 19 Dec 2023 16:56 WIB

Lima Superhero Ini adalah Penyandang Disabilitas, Siapa Saja?

Beberapa karakter digambarkan memiliki kekuatan super akibat kecacatan mereka.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Film Daredevil. Daredevil adalah superhero sekaligus penyandang disabilitas.
Foto: Marvel
Film Daredevil. Daredevil adalah superhero sekaligus penyandang disabilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia film aksi telah menyajikan beberapa karakter penyandang disabilitas yang luar biasa selama bertahun-tahun. Namun, mereka sering diabaikan atau dipahami secara salah oleh penonton dan penulis.

Banyak dari pahlawan penyandang disabilitas ini mendapat representasi yang kurang akurat, atau justru digambarkan sebagai individu dengan kekuatan super akibat kecacatan mereka. Walaupun upaya industri hiburan untuk menjadi lebih inklusif patut diapresiasi, penulisan yang tidak tepat bisa merugikan daripada menguntungkan.

Baca Juga

Meski Hollywood mulai memperbaiki representasi ini, industri masih perlu memperhatikan cara mereka menampilkan kelompok yang berbeda. Keberagaman dalam film aksi sangat penting karena genre ini memiliki daya tarik yang luas bagi penonton utama.

Penting untuk menempatkan penyandang disabilitas dalam peran yang biasanya diisi oleh individu sehat, untuk memunculkan kesadaran akan perjuangan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Mewakili kelompok ini dengan baik akan memperkuat keberadaan mereka dalam narasi film.

Dilansir Screenrant pada Selasa (19/12/2023), Hollywood telah berhasil menciptakan beberapa karakter pahlawan penyandang disabilitas terbaik.

1. Daredevil (2015 - 2018)

Daredevil adalah seorang pengacara dan vigilante yang berjuang melawan kejahatan di Hell's Kitchen. Meskipun serial TV lebih terkenal, karakter ini memiliki filmnya sendiri pada 2003. 

Kemampuan Daredevil sebagai pahlawan tunanetra, komitmennya sebagai pelindung New York, dan keterampilan bela diri yang luar biasa membuatnya menjadi salah satu karakter penyandang disabilitas terbaik. Sifatnya yang tak kenal takut mampu mewujudkan esensi pahlawan dengan kekurangannya.

Berlanjut ke halaman selanjutnya....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement