Selasa 19 Dec 2023 18:54 WIB

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR

Dalam penanganan bencana alam, dibutuhkan kesiapan mental dan sarana prasarana.

Red: Gita Amanda
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana Alam di Wilayah Provinsi Banten Tahun 2023 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (19/12/2023).
Foto: Pemprov Banten
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana Alam di Wilayah Provinsi Banten Tahun 2023 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (19/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana Alam di Wilayah Provinsi Banten Tahun 2023 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (19/12/2023). Sekaligus kesiapan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Gelar Pasukan dan Peralatan SAR adalah langkah persiapan untuk kesiapan yang mesti dilakukan,” ungkap Al Muktabar, dalam siaran persnya.

Baca Juga

Dikatakan, dalam penanganan bencana alam, dibutuhkan kesiapan mental dan sarana prasarana. Kesiapan mental utamanya pasukan, menurut Al Muktabar, telah memiliki standar prosedur operasi untuk menjalankan tugas dengan didasari mental pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara.

“Kesiapan sarana dan prasarana, bila ada hal yang diperlukan untuk disiapkan bisa dilakukan. Saat ini telah memasuki musim penghujan. Kita harus siap dengan segala yang bisa kita lakukan. Semua kita siapkan dengan sebaiknya-baiknya atas potensi yang terjadi,” ucapnya.

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar memimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana Alam di Wilayah Provinsi Banten Tahun 2023 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (19/12/2023). - (Pemprov Banten)

 

Al Muktabar mengatakan kesiapan dapur umum dan penyuling air siap minum langsung. Sarana dan prasarana di laut juga dicek satu per satu.

Masih menurut Al Muktabar, Apel Kesiapan Penanganan Bencana Alam pada dasarnya juga kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024. “Apresiasi terhadap segenap kesatuan dan instansi vertikal yang membuat Provinsi Banten memiliki stabilitas yang baik. Menjadi tanggungjawab kita bersama dalam rangka mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat,” katanya.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tanggung jawab kita bersama. Dalam gelar pasukan ini, saya mengimbau segenap warga masyarakat Banten untuk berperan bersama melakukan dan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambah Al Muktabar.

Dijelaskan, stabilitas daerah penting sekali. Utamanya saat ini dalam memasuki dan dalam tahapan pesta demokrasi Pemilu 2024. Harapannya Pemilu 2024 terlaksana dengan tenang dan damai. (ADV)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement