Selasa 19 Dec 2023 20:57 WIB

Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Kebanyakan ikan tidur di malam hari dan beraktivitas pada siang hari.

Red: Partner
.
Foto: network /
.

Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika
Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Pernahkah kamu bertanya bagaimana cara ikan tidur di dalam air? Apalagi ikan tidak memiliki kelopak mata untuk.

Ikan memang tidak memiliki kelopak mata, kecuali ikan hiu. Alasannya karena mereka tidak membutuhkannya di dalam air lantaran debu tidak bisa masuk ke dalam mata mereka.

Meski begitu ikan tetap saja tidur, ada yang tidurnya siang hari dan hanya bangun di malam hari. Namun ada juga yang tidur di malam hari dan terjaga sepanjang hari.

BACA JUGA: 150 Tahun Tak Terlihat, Ikan Pari Jawa Dinyatakan Punah, Penyebabnya karena Ulah Manusia

Ikan akan selalu membuka matanya sehingga akan sulit kamu membedakan mana ikan yang sedang tidur atau terjaga. Sebagian besar ikan tidak mempunyai kelopak mata dan neokorteks, yakni seperangkat lapisan korteks otak besar, biasanya pada mamalia, yang digunakan dalam fungsi otak tingkat tinggi. Karena tidak memiliki kelopak mata dan nekorteks, sisi otak ikan tertutup dan mata mereka tidak dapat terpejam.

Namun ketika ikan tertidur, mereka sebenarnya tidak terlelap tetapi hanya setengah sadar. Bahkan ekor ikan masih dapat digerakkan untuk memastikan aliran air tetap terjaga menuju insang agar mereka tidak kekurangan oksigen dan tetap bernapas.

Tidak tidur lelapnya ikan bukan tanpa alasan. Semua itu demi menghindari mereka dari segala ancaman, termasuk serangan dari predator atau ikan lain yang membuatnya terluka atau mati.

BACA JUGA: Padahal Musim Hujan, Mengapa Cuaca Kembali Panas Menyengat? Ternyata Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Cara ikan tidur adalah...


 Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika
Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika

Cara dan Waktu Ikan Tidur

Jika kamu perhatikan, ikan yang hidup di kolam atau akuarium yang tidak memiliki ombak, mereka akan tidur dengan cara melayangkan tubuhnya di dalam air. Namun, jika di laut mereka akan mencari terumbu karang sebagai tempat tidur.

Sama seperti manusia, umumnya sebagian besar ikan memiliki sifat diurnal yaitu melakukan aktivitas di siang hari dan tidur ketika malam hari. Alasannya karena ketika siang hari pasokan sinar matahari menjadi penerang ikan untuk mencari makan. Sementara hewan nokturnal tidur di siang hari dan aktif di malam hari, contohnya adalah kelelawar.

Beberapa ikan juga bisa tidur hanya waktu-waktu tertentu. Seperti saat sedang migrasi.

BACA JUGA: Mengapa Langit Berwarna Biru dan Saat Senja Berubah Menjadi Jingga?

Kamu bisa mengamati waktu ikan sedang tidur. Ada beberapa ciri, pertama jeda gerakan ikan ketika berenang lebih teratur, terutama pada saat-saat tertentu. Ikan yang sedang tidur tidak aktif dalam waktu lama.

Selain itu, ikan yang tidur kepekaannya pada stimulan luar menjadi menurun. Dan ikan akan dalam posisi tenang seperti sedang istirahat.

.

Follow information about children's news at Republika Kids. Ladies and gentlemen can also participate by sending comments and criticism to our email: republikakids@gmail.com. Don't forget to follow Youtube, Instagram, Twitter and Facebook Republika Kids.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement