Rabu 20 Dec 2023 07:17 WIB

Sekelompok Anak Muda Gugat Pemerintah AS karena Gagal Atasi Polusi

Generasi muda di AS mulai mengkahawatirkan dampak dari perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Anak-anak muda di California menggugat pemerintah AS atas kegagalan mereka dalam mengekang polusi.
Foto: www.freepik.com
Anak-anak muda di California menggugat pemerintah AS atas kegagalan mereka dalam mengekang polusi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak muda di California menggugat pemerintah AS atas kegagalan mereka dalam mengekang polusi. Ini menjadi aksi terbaru dari serangkaian tindakan hukum yang diinisiasi generasi muda yang khawatir terhadap perubahan iklim.

Sekelompok anak muda berusia antara delapan hingga 17 tahun menyatakan bahwa Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) secara sengaja membiarkan sumber bahan bakar fosil terus melepaskan gas rumah kaca yang meningkatkan polusi, serta mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak. Dalam gugatan ini, sekelompok anak muda tersebut didampingi oleh Our Children's Trust, sebuah firma hukum nirlaba.

Baca Juga

“Penggugat mengklaim EPA telah mendiskriminasi mereka sebagai anak-anak dengan mengabaikan nilai ekonomi kehidupan dan masa depan mereka, ketika memutuskan apakah dan berapa banyak polusi iklim yang diperbolehkan,” kata Our Children’s Trust seperti dilansir Phys, Rabu (20/12/2023).

Gugatan yang diajukan pada 10 Desember itu meminta pengadilan federal untuk menyatakan EPA sebagai pelanggar hak konstitusional dan hak dasar anak untuk hidup layak.