Rabu 20 Dec 2023 11:41 WIB

Aston Martin Pastikan Peningkatan Performa pada F1 musim 2024

Formula Satu musim 2024 akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari.

Red: Israr Itah
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso dari Spanyol.
Foto: AP Photo/Toru Hanai
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso dari Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Tim Balap Aston Martin Mike Krack memastikan peningkatan performa mobil demi menunjang kedua pembalapnya, Fernando Alonso dan Lance Stroll pada Formula Satu (F1) musim 2024. Hal itu menyusul penampilan keduanya yang ia nilai baik dan memberikan nilai positif bagi tim sepanjang tahun 2023, meskipun terdapat dinamika dan penurunan performa.

“Saya sangat mengagumi para pembalap tahun ini. Mereka membuat kami menjadi tim yang lebih baik. Saya pikir karakter mereka sangat terlihat, terutama saat mereka menghadapi balapan yang sulit,” kata Krack dikutip dari laman resmi Forrmula 1, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Tim asal Inggris itu menghadirkan kejutan pada awal musim 2023 ketika mobil AMR23 menjadi salah satu penantang terkuat Red Bull. Alonso meraih podium dalam enam dari delapan balapan terbuka, meskipun dominasi itu segera terkejar oleh tim-tim lain yang mulai mengembangkan mesin mereka.

Tim lainnya seperti Mercedes dan Ferrari menjadi lebih konsisten seiring dengan tersingkirnya Aston Martin di beberapa balapan selanjutnya, sementara McLaren dengan dua pembalap mudanya mampu mengejar ketertinggalan dan menjadi kejutan di pertengahan hingga akhir musim.

Namun, meskipun peningkatan performa di detik-detik akhir musim tersebut membantu meningkatkan kinerja Aston Martin, hanya ada dua podium yang dapat dinikmati pada paruh kedua tahun 2023, yakni Alonso yang finis P2 dan P3 masing-masing di Zandvoort dan Sao Paulo.

“Alonso membuktikan kemampuannya tidak menurun seiring bertambahnya usia, sementara Stroll mengalami tahun yang beragam – meskipun ada akhir yang kuat termasuk hasil P5 berturut-turut di Brasil dan Las Vegas,” kata Krack.

Selain itu, Krack juga menyoroti kondisi Stroll yang dipengaruhi oleh cedera pramusim, dimana ia menderita dua patah perelangan tangan dan patah jari kaki setelah kecelakaan sepeda. Namun, ia menilai Stroll kembali menemukan kecepatan dan kepercayaan dirinya.

Sementara untuk Alonso, Krack mengatakan pembalap veteran itu mampu membawa semangat yang luar biasa untuk tim di sepanjang tahun ini. Ia menilai, Alonso mampu mendorong tim untuk bekerja lebih keras dan lebih baik.

“Memiliki pembalap yang berada di belakang kami untuk memberikan motivasi yang dibutuhkan oleh semua orang, itu sangat berharga. Saya menantikan apa yang bisa dia lakukan pada tahun 2024 setelah ini untuk Aston Martin,” ujar Krack.

Musim balap Formula 1 2024 akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement