Rabu 20 Dec 2023 13:46 WIB

Jalur KRL di Stasiun Manggarai Berubah, Ini Alasan Penerapan SO-7

SO-7 diterapkan untuk melakukan penyesuaian yang akan memberikan kenyamanan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Penumpang KRL Commuter Line menuruni anak tangga setibanya di Stasiun Manggarai, Jakarta.
Foto: ANTARA/Darryl Ramadhan
Penumpang KRL Commuter Line menuruni anak tangga setibanya di Stasiun Manggarai, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama KAI Commuter sejak (19/12/2023) malam mulai menerapkan switch over (SO) ke-7. Dengan adanya penerapan SO-7, terdapat perubahan pola operasional kereta rel listrik (KRL) yang berlaku mulai Rabu (20/12/2023).

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengungkapkan, alasan SO-7 yang saat ini diterapkan di Stasiun Manggarai. "Artinya kan hari ini dimulai, nyaman tidak? Coba dulu," kata Risal saat ditemui di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Risal menjelaskan, SO-7 diterapkan untuk melakukan penyesuaian yang akan memberikan kenyamanan bagi pengguna kereta di Stasiun Manggarai. Hal tersebut dilakukan agar pergerakan penumpang dan lalu lintas kereta di Stasiun Manggarai tidak bersinggungan.

"Karena kami sesuaikan pergerakan kereta dengan orang tidak terjadi crossing di rel. Lalu, semua terlindungi pergerakannya," ucap Risal.

Risal memastikan perubahan operasional yang dilakukan di Stasiun Manggarai saat ini dimungkinkan tidak akan terjadi lagi. Dia menuturkan perubahan operasional di Stasiun Manggarai saat ini sudah yang terbaik dengan penerapan SO-7.

Sebelumnya, Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebutkan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan ini demi keberlangsungan pengembangan Stasiun Manggarai. Ixfan mengharapkan pengerjaan SO-7 dapat selesai sesuai window time yang diberikan sehingga pelayanan kereta api tidak terganggu.

“Kami siap mengawal agar alat, bahan, dan tenaga kerja yang terlibat, sesuai dengan SOP yang berlaku,” ujar Ixfan.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto juga menyampaikan, dengan persiapan yang matang dari sisi teknis, pelaksanaan SO ke-7 diharapkan bisa berjalan lancar dan sukses. Asdo menegaskan, SO-7 bisa memberikan layanan yang lebih optimal bagi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai.

KAI Commuter juga melengkapi fasilitas layanan pengguna di area akses keluar masuk sisi timur bangunan baru. “Gate elektronik, loket dan C-Vim untuk pembelian tiket juga kita siapkan di area gedung baru," tutur Asdo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement