Kamis 21 Dec 2023 13:22 WIB

Klopp Berharap Atmosfer Anfield Kembali Normal Saat Liverpool Jamu Arsenal

Klopp menilai pendukung Liverpool kurang bersemangat mendukung timnya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang West Ham United dalam ajang Piala Carabao.
Foto: AP Photo/Jon Super
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang West Ham United dalam ajang Piala Carabao.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOOL -- Setelah Liverpool meraih tiket semifinal Piala Carabao musim 2023/24, pikiran Jurgen Klopp langsung teralih ke agenda selanjutnya. The Reds akan bertemu Arsenal pada akhir pekan ini dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Mohamed Salah dan rekan-rekan bertindak sebagai tuan rumah dalam duel yang berlangsung di Stadion Anfield, Ahad (24/12/2023) pukul 00.30 WIB.

Baca Juga

Klopp sangat membutuhkan dukungan penggemar sebagai elemen penting. Sayangnya, ia tidak merasakan atmosfer seperti biasanya saat mereka mentas di perempat final Piala Carabao.

Liverpool tampil fantastis. The Reds menumbangkan West Ham United 5-1 di Anfield, pada Kamis (21/12/2023) dini hari WIB. Sepanjang pertandingan, tuan rumah mendominasi.

Sayangnya, Klopp merasa para penggemar menunjukkan ekspresi datar. Tak terdengar keriuhan seperti biasanya. Klopp kesal. Pundit Sky Sports, Gary Neville juga merasakan sesuatu yang berbeda. Padahal ada 57 ribu orang hadir di tribun.  

Baru dua kali jumlah penonton mencapai angka sebanyak itu setelah Anfield direnovasi. Menurut dia, seharusnya suasananya lebih menggelegar.

Kini melawan Arsenal, Klopp berharap segala sesuatu kembali normal. Sayang jika koneksi antara pemain Liverpool dan penggemarnya yang selama ini terjalin mesra menjadi buruk.

"Kami membutuhkan Anfield (yang penuh keriuhan), pada Sabtu (malam, waktu setempat)," kata Klopp, dikutip dari laman BBC.

Arsenal tidak bermain pada pertengahan pekan ini. The Gunners lebih memiliki banyak waktu istirahat dan mempersiapkan diri. Itulah alasan Liverpool butuh bantuan penggemar. Sebab secara teknis kedua tim relatif seimbang. Perlu ada elemen pembeda, salah satunya dukungan penonton dari tribun. Ini bakal sangat berpengaruh terhadap sajian di lapangan.

"Jika jadwal sepak bola pada bulan Desember terlalu padat, jika Anda tidak dalam kondisi yang baik, berikan tiket Anda ke orang lain," tegas Klopp.

Klopp sampai tak membahas banyak seputar kinerja pasukannya usai membantai the Hammers karena kondisi ini. Bukti bahwa ia sangat serius perihal pentingnya dukungan suporter saat the Reds berlaga.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement