Jumat 22 Dec 2023 06:18 WIB

Gol Injury Time Lucas Vazquez Pastikan Madrid Tutup 2023 di Puncak Klasemen La Liga

Madrid mengalahkan Alaves 1-0 untuk menggusur Girona dari puncak klasemen La Liga.

Red: Israr Itah
Pemain Real Madrid Lucas Vazquez (kiri) merayakan gol ke gawang Alaves dalam lanjutan La Liga Spanyol, Jumat (22/12/2023).
Foto: EPA-EFE/Adrian Ruiz Hierro
Pemain Real Madrid Lucas Vazquez (kiri) merayakan gol ke gawang Alaves dalam lanjutan La Liga Spanyol, Jumat (22/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Lucas Vazquez mencetak gol melalui sundulan pada masa tambahan waktu untuk membawa Real Madrid kembali ke puncak klasemen La Liga Spanyol dalam laga di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Jumat (22/12/2023) dini hari WIB. Setelah Girona bermain imbang 1-1 di kandang Real Betis, Madrid meraih kemenangan 1-0 pada laga tandang melawan Alaves untuk merebut kembali posisi pertama setelah 18 pertandingan.

Madrid dan Girona sama-sama memiliki 45 poin, tapi Madrid unggul dalam perhitungan. Juara bertahan Barcelona berada di posisi ketiga, tertinggal tujuh poin dari sang pemuncak klasemen. Klub Katalunya itu mengalahkan tim peringkat terakhir Almeria 3-2 di kandang sendiri sehari sebelumnya.

Baca Juga

Madrid meraih kemenangan di menit-menit akhir meski bermain dengan 10 orang sejak menit ke-54 setelah bek tengah Nacho Fernandez dikartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras.

Vazquez berdiri bebas di dalam kotak penalti dan mencetak gol kemenangan melalui sundulan setelah menerima umpan silang dari Toni Kroos.

Jude Bellingham dan Rodrygo, pemimpin lini serang Madrid musim ini, tidak dapat melakukan banyak hal  sepanjang pertandingan dalam penampilan yang kurang baik dari tim asuhan Carlo Ancelotti di Stadion Mendizorroza. Kedua tim tidak mampu menciptakan banyak peluang mencetak gol yang berarti.

Setelah Nacho diusir keluar lapangan, Ancelotti terpaksa mengganti Luka Modric dengan gelandang Aurelien Tchouameni, yang menggantikan posisi Nacho di lini tengah.

Madrid telah bermain dengan skuad yang banyak dihantui oleh cedera, terutama di lini pertahanan. Pada Ahad lalu, David Alaba menjadi pemain Madrid ketiga yang mengalami cedera ligamen lutut anterior. Eder Militao dan penjaga gawang Thibaut Courtois juga mengalami cedera yang sama.

Antonio Rüdiger menjadi starter bersama Nacho di lini pertahanan pada hari Kamis. Penyerang Rodrygo harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera lagi pada waktu tambahan.

Madrid hanya kebobolan 11 gol sepanjang musim ini, rekor terbaik di antara semua klub Liga Spanyol.

Ini merupakan kekalahan ketiga secara beruntun bagi Alaves, yang duduk di peringkat 16, berjarak tiga poin dari zona degradasi.

Pertandingan liga berikutnya bagi Madrid adalah di kandang melawan Mallorca pada 3 Januari, sedangkan Alaves akan bertandang ke Real Sociedad pada 2 Januari.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement