Jumat 22 Dec 2023 14:29 WIB

Mengenal Baterai Canggih dan Aman Blade Battery dari BYD

BYD menggunakan baterai berjenis lithium iron phosphate.

Red: Friska Yolandha
Perusahaan teknologi China, BYD, menggunakan baterai berjenis lithium iron phosphate (LFP) bernama Blade Batteryyang diklaim lebih aman.
Foto: BYD
Perusahaan teknologi China, BYD, menggunakan baterai berjenis lithium iron phosphate (LFP) bernama Blade Batteryyang diklaim lebih aman.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Perusahaan teknologi sekaligus produsen kendaraan listrik (EV) terkemuka di China, BYD, menggunakan baterai berjenis lithium iron phosphate (LFP) bernama Blade Battery. Baterai ini diklaim lebih aman dibandingkan jenis baterai lainnya.

Dalam sebuah demo nail penetration lab di Kantor Pusat BYD, Shenzhen, ditunjukkan bahwa baterai berjenis NMC (nickel manganese cobalt) lebih mudah terbakar saat mengalami tekanan atau ketika bagian baterai itu tertembus benda. Hal itu juga yang berpotensi menimbulkan kebakaran apabila kendaraan listrik mengalami kecelakaan.

Baca Juga

"Bagi BYD, keamanan adalah prioritas utama. Untuk produksi massal, kami percaya LFP adalah komponen yang reliable untuk keamanan dan lebih berkelanjutan," kata General manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang kepada pewarta di Shenzhen pada Rabu (20/12/2023) waktu setempat.

Liu menjelaskan, baterai LFP yang dinamai Blade Battery itu merupakan komponen penting yang menjadi keunggulan mobil-mobil BYD.

"Sehingga ke depannya terkait strategi, LFP bisa menghadirkan mobilitas yang lebih aman lebih cocok untuk EV," kata dia.

Blade Battery merupakan komponen yang dikembangkan BYD dengan keamanan maksimum yang menawarkan kekuatan, daya jelajah tinggi serta usia pakai yang panjang. LFP tidak mudah terbakar karena memiliki stabilitas termal yang sangat baik dan secara substansial bebas kobalt sehingga lebih ramah lingkungan.

Baterai itu dinamakan blade karena bentuknya yang pipih, lurus dan panjang. Jika dibandingkan baterai model sebelumnya, baterai ini dapat menghemat ruang hingga 50 persen.

Keunggulan baterai ini adalah....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement