Ahad 24 Dec 2023 05:52 WIB

Arsenal Bertahan di Puncak Klasemen Liga Inggris Setelah Tahan Imbang Liverpool di Anfield

Gol Gabriel disamakan oleh Mohamed Salah untuk membuat skor 1-1.

Red: Israr Itah
Mohamed Salah dari Liverpool
Foto: AP Photo/Jon Super
Mohamed Salah dari Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL - Arsenal tetap berada di puncak klasemen Liga Primer Inggris setelah menahan imbang Liverpool 1-1 di Anfield, Ahad (24/12/2023) dini hari WIB. Arsenal unggul lebih dulu melalui sundulan Gabriel pada menit keempat, namun Mohamed Salah menyamakan skor pada menit ke-29. 

Gol ke-151 di Liga Primer yang dicetak Salah membawanya ke peringkat 10 dalam daftar pencetak gol sepanjang masa. Liverpool menekan dengan sangat keras di babak kedua dan tendangan mereka membentur tiang gawang dua kali.

Baca Juga

Anak asuh Mikel Arteta akan memasuki hari Natal dengan nilai 40, satu poin di atas Liverpool. Sang juara bertahan, Manchester City, sepertinya akan sangat senang dengan hasil ini setelah melihat dua pesaing gelar juara mereka kehilangan poin.

City, yang turun ke peringkat lima saat mereka sedang bertanding di Piala Dunia Antarklub di Arab Saudi pekan ini, tertinggal enam poin dari Arsenal, tapi dengan satu pertandingan tersisa lebih banyak.

Penantang gelar lainnya, Aston Villa, juga kehilangan poin dengan hasil imbang 1-1 yang mengejutkan melawan Sheffield United pada Sabtu dini hari WIB. Villa berada di posisi ketiga karena kalah selisih gol dari Liverpool.

The Reds meraih hasil imbang secara beruntun di liga saat menghadapi Manchester United dan Arsenal.

Tim asuhan Jurgen Klopp memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengalahkan Arsenal setelah upaya Trent Alexander-Arnold membentur mistar gawang pada. Pemain pengganti Harvey Elliott juga membentur tiang gawang dengan tendangannya yang terdefleksi dari luar kotak penalti.

Tim asal London ini kembali unggul lebih dulu setelah awal yang gemilang. Gabriel melihat sebuah tendangannya melenceng di atas mistar gawang saat ia membuka keunggulan.

Sang pemain bertahan tampil tajam di dalam kotak penalti dan berhasil melewati hadangan Ibrahima Konate sebelum menyundul bola tendangan bebas Martin Odegaard ke pojok atas gawang.

Liverpool mencegah kerusakan lebih lanjut dan menyamakan kedudukan melalui gol brilian dari Salah. Alexander-Arnold melepaskan sebuah umpan jarak jauh dari setengah lapangannya yang mendarat dengan sempurna untuk pemain internasional Mesir itu di sisi kanan. Salah kemudian melewati Oleksandr Zinchenko di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan ke pojok atas tiang dekat gawang Raya.

Liverpool merasa seharusnya mendapatkan hadiah penalti sebelum itu ketika Odegaard terlihat melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, namun kapten Arsenal tersebut lolos dari hukuman.

Liverpool meningkatkan tekanan di babak kedua dengan tendangan pemain pengganti Elliott yang membentur tiang gawang dan Alexander-Arnold kemudian melepaskan tendangan yang membentur mistar gawang dari jarak dekat.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement