Senin 25 Dec 2023 13:14 WIB

Saat Diterpa Kesusahan dalam Hidup, Ucapkan Bacaan Pelengkap Ini dalam Doa Anda

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Allah SWT memberikan ujian demi ujian kepada hamba-Nya. Ujian ini tidak semata-mata dalam bentuk kesulitan atau kemalangan hidup, tetapi kesenangan hidup. 

Hanya saja, manusia sering kali benar-benar merasa diuji kala ditimpa kesulitan hidup.Dalam surat Al-Mu'min ayat 60 Allah swt memerintahkan umat Islam untuk selalu berdoa memohon kepada Allah SWT. 

Baca Juga

Allah SWT juga menegaskan satu ancaman kepada siapa saja yang tidak mau berdoa kepada-Nya maka imbalannya adalah neraka. 

Orang yang tidak pernah berdoa seperti orang yang sombong di hadapan Allah swt, karena seolah-olah tidak membutuhkan-Nya.

Dikutip dari buku Ampuhnya Mukjizat Doa dan Dzikir Para Nabi oleh Ustadz Ali Amrin al-Qurawy, berikut ini pelengkap doa yang dilakukan Nabi Muhammad ketika menghadapi kesulitan. 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlan wa anta taj' alul hazna idzaa syi ta sahlan 

"Ya Allah, tidak ada kemudahan, kecuali yang Engkau jadikan mudah. Sedangkan, yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (HR Ibnu Hibban). 

Menurut Ibnu Sunni, Nabi Muhammad Saw membaca doa tersebut apabila menghadapi kesulitan agar dimudahkan oleh Allah SWT. 

Aidh bin Abdullah al-Qarni memberikan pengertian kepada orang yang ditimpa kesulitan hidup dengan berkata, "Jika suatu masalah itu menyempit, maka tabiatnya menjadi meluas. Jika tali ditarik keras-keras, ia akan terputus. Jika malam semakin gelap, pertanda akan muncul fajar.

Baca juga: Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

 

Itulah sunnah kehidupan yang sudah dan akan terus berlaku. Itulah hikmah yang pasti terjadi. Maka, relakanlah jiwamu untuk meridhai kondisinya. Sebab, setelah kehausan, pasti akan ada air. Setelah musim semi, akan datang musim penghujan.

Yakinlah, hanya Allah SWT yang akan menciptakan kemudahan setelah kesulitan. Dia pasti akan mengubah keadaan lain yang Dia berikan setelah kesultan. Tidak ada bencana yang terus-menerus terjadi. Sebab, di sana, ada Allah SWT, satu-satunya tempat meminta.   

Anjuran berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement