Selasa 26 Dec 2023 11:42 WIB

Sisir Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Menko PMK: Lalu Lintas Lancar

Terdapat kenaikan intensitas kendaraan yang melewati jalur tol ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yusuf Assidiq
Menko PMK, Muhadjir Effendy.
Foto: Dok Kemenko PMK
Menko PMK, Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini guna mengantisipasi lonjakan arus mudik dan aktivitas masyarakat dalam rangka perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Muhadjir mampir ke Command Center PJR Korlantas Polri yang berlokasi di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek. Muhadjir diperlihatkan sejumlah pantauan kamera CCTV yang menunjukkan kondisi arus lalu lintas di sejumlah titik jalan tol dan ruas-ruas jalan protokol di beberapa kota/kabupaten.

Berdasarkan hasil laporan yang diterima, Muhadjir menyampaikan kondisi lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar. Kendati demikian, terdapat kenaikan intensitas kendaraan yang melewati jalur tol tersebut dibandingkan pada libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

"Kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala yang cukup berarti. Memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu, tetapi masih bisa diatasi," kata Muhadjir dalam keterangannya pada Selasa (26/12/2023).

Ia pun menghimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati selama berada di perjalanan. Memeriksa kendaraan sebelum berangkat mudik menjadi langkah yang disarankan untuk memastikan keselamatan saat berkendara, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

"Jangan sembrono, jangan dianggap enteng kalau nanti ada gangguan dan masalah dari kendaraan. Oleh karena itu, dicek betul kondisi ban, bahan bakar, mesin, semua dicek betul agar kondisi kendaraan prima," ujarnya.

Muhadjir lantas melanjutkan tinjauan arus lalu lintas hingga ke Gerbang Tol Cikampek Utama yang berlokasi di KM 70. Pada titik tinjauan ini, Muhadjir kembali menjumpai situasi ruas tol di kedua arah yang masih lengang.

Berdasarkan laporan Pos Pantau Jasa Marga di lokasi tersebut, belum dijumpai kepadatan yang berarti di sepanjang ruas tol Jakarta hingga Kalikangkung.

Di samping mengecek kondisi lalu lintas, Muhadjir mampir ke Objek Wisata Wonderland Adventure Waterpark yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Muhadjir melihat banyak masyarakat yang mulai memadati tempat wisata itu.

"Saya lihat masyarakat memadati objek-objek wisata. Jumlahnya sudah mencapai dua kali lipat dibanding hari biasa. Bukan hanya di objek wisata Wonderland ini, tetapi saya juga dilaporkan kalau Ancol dan Puncak Bogor sudah padat. Saya sarankan untuk masyarakat cermat memilih tempat wisata agar terhindar dari kepadatan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement