Selasa 26 Dec 2023 14:09 WIB

Berkunjung ke Abu Dhabi, Erick Thohir Kagumi Keindahan Masjid Jokowi

Indonesia dan Persatuan Emirat Arab sudah menjalin hubungan diplomatik secara resmi s

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, kini telah resmi dibuka untuk publik.
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, kini telah resmi dibuka untuk publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, kini telah resmi dibuka untuk publik. Sebelum pembukaannya, beberapa waktu lalu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim, Erick Thohir, juga bertandang ke sana.

Momen tersebut diunggah Erick ke akun Instagram @erickthohir. Dalam tayangan video, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu datang ke Masjid Jokowi di Abu Dhabi dan mengagumi keindahannya.

Baca Juga

Erick berbincang dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Abu Dhabi, Husin Bagis. Namun, begitu tahu Presiden Jokowi kala itu belum menginjakkan kaki di dalam masjid, Erick memilih untuk mengagumi rumah ibadah tersebut dari luar saja.

Pengusaha 53 tahun tersebut mengaku tidak berani mendahului dan akan menunggu Presiden Jokowi datang, baru akan berkunjung lagi. Terlebih, masjid memang belum dibuka untuk umum. Erick menginformasikan di unggahannya bahwa masjid rampung direnovasi pada Oktober 2023.

"Indah banget. Lebih spesial lagi, masjid ini dibangun di jalan yang menggunakan nama bapak Presiden Indonesia saat ini yaitu Jalan Presiden Joko Widodo yang berada di pusat kota Abu Dhabi. Bangga dan juga terharu bisa melihat tokoh bangsa mendapat apresiasi yang sangat besar dari bangsa lain," ujar Erick.

Ada cerita di balik pembangunan masjid tersebut. Presiden RI Joko Widodo menyampaikannya melalui akun X (sebelumnya bernama Twitter) @jokowi, Selasa (26/12/2023). Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia dan Persatuan Emirat Arab sudah menjalin hubungan diplomatik secara resmi sejak 1976. 

Kedua negara semakin dekat di semua bidang, dari ekonomi, pendidikan, hingga antarpribadi para pemimpin. Karena keakraban itu, di Kota Abu Dhabi ada Jokowi Street, di Indonesia ada Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed. Di kota Surakarta berdiri Masjid Agung Sheikh Zayed, dan di Abu Dhabi sudah berdiri pula Masjid Jokowi.

"Yang terakhir ini, Masjid Jokowi, baru dibangun tahun 2021, rampung Oktober 2023, dan sekarang sudah dibuka untuk umum," kata Presiden Jokowi, yang juga menyematkan video mengenai masjid tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement