Rabu 27 Dec 2023 00:04 WIB

Idol K-Pop Kedapatan Soft-Selling Starbucks-McD, Fans Luapkan Kekecewaan

Sejumlah artis K-pop membagikan foto soft-selling produk pro Israel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Personel NCT, Doyoung. Dia menjadi model kampanye baru McDonalds, jenama pro Israel.
Foto: Dokumen
Personel NCT, Doyoung. Dia menjadi model kampanye baru McDonalds, jenama pro Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah idola K-Pop belakangan menjadi sorotan setelah membuat unggahan media sosial yang mempromosikan produk dari jenama yang diketahui meluas merupakan pendukung Israel. Secara "kebetulan", beberapa aktor dan personel grup K-Pop membagikan foto soft-selling (penjualan terselubung) produk itu di waktu yang berdekatan.

Ada puluhan artis K-Pop yang membuat unggahan foto dengan minuman dari Starbucks, serta makanan/minuman dari McDonald's. Sebut saja Siwon Choi dari Super Junior, Doyoung NCT, Jennie Blackpink, Jisoo Blackpink, Jaehyun The Boyz, IVE, Yuji dan Bahiyyih Kep1er, para personel Aespa dan Seventeen, serta masih banyak lagi.

Baca Juga

Para penggemar menunjukkan kekecewaan atas pilihan sikap idola mereka. Terlebih, karena saat ini kekejaman Israel terhadap warga sipil yang tak bersalah di Palestina masih terus berlanjut. Sebagian memilih memboikot para selebritas itu dan tak lagi mengidolakan mereka.

Komentar bernada kekecewaan dan cancel culture terpantau di akun Instagram Siwon Choi, @siwonchoi. Pada unggahan terakhirnya, Siwon membagikan foto dirinya sedang duduk di mobil sambil menyeruput minuman Starbucks. Dia bercerita bahwa dia baru tiba di lokasi undangan acara pernikahan. "Di sini dingin, jaga kesehatan kalian," kata Siwon.