Selasa 26 Dec 2023 21:49 WIB

18 Pekerja Tewas Akibat Smelter Meledak, IMIP Janji Lakukan Perbaikan

Saat ini sedang dilakukan investigasi pada sistem K3.

Red: Ahmad Fikri Noor
Salah satu korban luka pada peristiwa kecelakaan kerja di pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) berada di dalam mobil ambulans di RSUD Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (26/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Salah satu korban luka pada peristiwa kecelakaan kerja di pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) berada di dalam mobil ambulans di RSUD Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (26/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang menaungi operasi PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) menegaskan siap melakukan perbaikan menyusul kecelakaan kerja yang terjadi pada Ahad (24/12/2023) yang menewaskan 18 pekerja. Direktur Komunikasi PT IMIP Emilia Bassar dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Selasa (26/12/2023) mengatakan saat ini sedang dilakukan investigasi pada sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lokasi kejadian yang berada di Kawasan Industri IMIP.

"Perusahaan mempercayakan proses pendalaman penyebab kejadian kecelakaan kerja di PT ITSS kepada pihak berwenang, dan menjamin terselenggaranya kerja sama dengan para pihak terhadap rekomendasi penanganan dampak yang muncul sesuai tata hukum yang berlaku. Kami siap melakukan segala bentuk perbaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Baca Juga

Hingga Selasa (26/12/2023), tercatat korban yang meninggal dunia berjumlah 18 orang terdiri dari 10 orang tenaga kerja Indonesia dan delapan tenaga kerja asing (TKA) asal China. Para korban meninggal telah diberangkatkan ke rumah keluarga mereka masing-masing. Khusus untuk TKA, PT IMIP telah berkoordinasi dengan instansi yang berwenang dalam pemberangkatan jenazah para korban ke Makassar, sebelum akhirnya diterbangkan ke China.

Emilia mengatakan masing-masing korban jiwa akan mendapatkan santunan sebesar Rp 600 juta sebagai wujud keprihatinan dan tanggung jawab PT IMIP dan PT ITSS kepada para korban.