Rabu 27 Dec 2023 13:47 WIB

10 Juta Suara Keluarga Besar HMI Diklaim Bakal Pilih Anies-Imin di Pilpres 2024

Anies meyakini dukungan keluarga HMI memperkuat basis suara untuknya di pilpres.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Acara deklarasi dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk paslon capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).
Foto: Republika/ Eva Rianti
Acara deklarasi dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk paslon capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB HMI) menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN', dalam Pilpres 2024. Diklaim, ada 10 juta hak pilih dari KB HMI yang akan memberikan suaranya untuk AMIN. 

"Total keluarga besar HMI ini kira-kira 10 juta orang di seluruh dunia ini," kata salah satu inisiator deklarasi yang juga merupakan Senior Korps Alumni HMI (KAHMI) Sujana Sulaeman, dalam konferensi pers acara 'Deklarasi Dukungan Keluarga Besar HMI' di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023). 

Baca Juga

Sujana meyakini mayoritas keluarga besar HMI bakal memberikan suaranya untuk Anies-Imin, meskipun diakui ada sebagian kecil yang memilih paslon lain. Terlebih, rata-rata dari anggota HMI merupakan tokoh di daerah masing-masing yang memberi pengaruh di tengah masyarakat untuk mendukung AMIN. 

"Untuk anak istri saudara bisa juga mengajak jamaahnya. Keluarga Besar HMI banyak yang guru besar dan tokohny lebih dari 3.000 orang di semua bidang dan semua profesi. Jadi kami sangat optimis dukungan dari KB HMI ini akan memberi suara yang sangat penting untuk pasangan AMIN dan selain suara tentu adalah basis intelektual," tegasnya. 

Sujana menuturkan optimismenya bahwa anggota KB HMI bakal memilih paslon dari Koalisi Perubahan. Dia menjelaskan bahwa KB HMI merupakan komunitas yang selama ini bergerak secara kultural.

"Yang banyak bergerak itu sebenarnya secara kultural karena mereka kan gak ada batasan. Maka seperti tadi disampaikan yang hadir ini lintas generasi dari orang yang paling tua, yang sudah menjadi aktivis HMI tahun 1960-an sampai adek-adek yg masih kuliah. Jadi itu bisa bayangkan rentangnya. Dari yang paling senior generasi Cak Nur (Nurcholis Madjid), sampai sekarang mahasiswa," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Anies Baswedan menyampaikan rasa senangnya atas dukungan KB HMI. Dia meyakini hal itu dapat memperkuat basis suara untuknya dan Imin di Pemilu. 

"HMI adalah salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar yang memiliki kader amat banyak dan salah satu yang paling awal berdiri. Jadi keluarga besar ini memiliki jangkauan yang amat luas, karena itu pada hari ini KB HMI memberikan dukungan kepada kami dan kami terima ini dan membawa amanah seuatu yang amat bermakna dan amat besar. Jadi InsyaAllah dengan adanya dukungan dari HMI kami makin optimistis bahwa usaha untuk melakukan perubahan akan bisa terlaksana," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement