Rabu 27 Dec 2023 20:23 WIB

LAZISNU PBNU dan Lembaga Zakat di Mesir Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

LAZISNU PBNU telah menyalurkan bantuan senilai Rp5 miliar melalui BZS Mesir.

Red: Agung Sasongko
LAZISNU PBNU telah menyalurkan bantuan senilai Rp5 miliar melalui BZS Mesir,
Foto: istimewa
LAZISNU PBNU telah menyalurkan bantuan senilai Rp5 miliar melalui BZS Mesir,

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Sebagai bentuk komitmen Nahdlatul Ulama dalam membantu rakyat Palestina, LAZISNU PBNU untuk kesekian kalinya mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Kali ini, bekerja sama dengan lembaga zakat di Mesir yaitu Bayt Zakat wa as-Shadaqat (BZS), LAZISNU PBNU mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza, Palestina.

Ketua LAZISNU PCINU Mesir, Fawaid Zuhri yang mewakili LAZISNU PBNU menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ke Gaza dilakukan bersama Bayt Zakat wa as-Shadaqat, lembaga zakat di bawah naungan Grand Syekh Al-Azhar, Syekh Ahmad Al-Thayyib.

Baca Juga

“Kami dari LAZISNU PCINU Mesir mewakili LAZISNU PBNU saat ini sedang di tempat pendistribusian bantuan untuk saudara kita di Gaza, bersama Bayt Zakat wa as-Shadaqat yaitu salah satu organisasi lembaga zakat yang ada di bawah naungan Grand Syekh al-Imam Ahmad Thayyib,” kata Zuhri dalam keterangannya dari Mesir, Selasa (26/12/2023) sore waktu setempat.

Zuhri menjelaskan, LAZISNU PBNU telah menyalurkan bantuan senilai Rp5 miliar melalui BZS Mesir, dan pada tahap pertama bantuan yang dikirimkan ke Gaza sebanyak 3 truk kontainer.

“NU Care-LAZISNU saat ini telah menyalurkan (bantuan) sebanyak 5 miliar rupiah pada tahap pertama, dan ini bantuan tiga truk kontainer bantuan dari NU Care LAZISNU untuk teman-teman di Gaza. Ini adalah sebagian bantuan, nanti kita akan tambahkan lagi,” ungkapnya.

Dirinya memaparkan 3 truk kontainer bantuan kemanusiaan yang dikirimkan LAZISNU bekerja sama dengan BZS dan & Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) itu berisi baju musim dingin, selimut, makanan, dan peralatan makan.

“Ini adalah bantuan LAZISNU untuk Palestina, yang berupa baju-baju musim dingin dan selimut. Karena ini musim dingin, dan pasti di Gaza sana akan sangat dingin. Ada juga bantuan bahan makan berupa beras, ada juga makanan, dan peralatan makan. Ya kita memantau langsung bantuan yang akan dikirimkan. Insya Allah akan dikirim tepat waktu dan ini (bantuan) berkah untuk semuanya,” jelasnya.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan kaum nahdliyin yang telah mempercayakan LAZISNU untuk menyalurkan bantuan kemanusian bagi rakyat di Gaza, Palestina.

“Terima kasih kepada semua teman-teman warga Indonesia dan warga Nahdlatul Ulama, nahdliyin khususnya yang telah mempercayakan LAZISNU untuk menyalurkan bantuan kepada saudara di Gaza. Semoga bantuan yang anda serahkan dibalas dengan sebaik-baiknya balasan oleh Allah,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Bayt Zakat wa as-Shadaqat, Abdurrahman menegaskan bahwa bantuan tersebut diberangkatkan ke Gaza pada Selasa (26/12/2023) malam waktu setempat.

“Kami bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Nahdlatul Ulama atas bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Dan kami mengupayakan seluruh bantuan diberangkatkan menuju Gaza Palestina, dengan izin Allah malam ini (26/12/2023). Terima kasih banyak kepada anda semua,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement