Jumat 29 Dec 2023 00:31 WIB

Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Disalahartikan Sebagai Flu

Segala masalah pada jantung bisa berakibat fatal.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Berkeringat (ilustrasi). Berkeringat saat tidak melakukan aktivitas berat dapat menjadi tanda penyakit jantung.
Foto: www.freepik.com
Berkeringat (ilustrasi). Berkeringat saat tidak melakukan aktivitas berat dapat menjadi tanda penyakit jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jantung adalah salah satu organ vital manusia, yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, segala masalah pada jantung bisa berbahaya, bahkan berakibat fatal.

Di Inggris, penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab kematian paling umum. Penyakit jantung menyebabkan sekitar seperempat kematian setiap tahunnya.

Baca Juga

Juga dikenal sebagai penyakit kardiovaskular, penyakit ini mengacu pada serangkaian kondisi yang memengaruhi jantung dan sistem peredaran darah. Ini termasuk penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan strok.

Seperti halnya penyakit berbahaya lainnya, penting untuk mengetahui gejalanya sejak dini. Banyak dari kita yang mengetahui beberapa tanda umum penyakit jantung yang menyerang dada, seperti nyeri dada dan sesak napas.

Namun, ada beberapa tanda lain yang dapat dengan mudah disalahartikan sebagai sesuatu yang tidak terlalu serius. Dikutip dari laman Express, Kamis (28/12/2023), ada empat gejala penyakit kardiovaskular yang bisa salah didiagnosis sebagai flu.

1. Kelelahan

British Heart Foundation (BHF) mencantumkan kelelahan ekstrem sebagai tanda gagal jantung dan kondisi terkait jantung lainnya. Profesor David Newby dari BHF mengatakan, banyak pasiennya yang merasa lelah, entah mereka menderita gagal jantung atau tidak, apakah mereka menderita angina atau tidak.

"Ini sulit karena gejalanya tidak spesifik," ujar dia.

Harvard Medical School menjelaskan, kelelahan yang terus-menerus, kadang-kadang juga bisa menandakan gagal jantung (suatu kondisi ketika jantung gagal memompa dengan baik) atau penyakit arteri koroner. Namun, kelelahan tidak selalu berarti ada yang salah dengan jantung.

Kelelahan bisa saja disebabkan oleh begadang atau bekerja berjam-jam. BHF merekomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter jika Anda mulai mengalami kelelahan ekstrem saat gaya hidup Anda tidak berubah.

2. Mual

Menurut Mayo Clinic di AS, mual bisa menjadi tanda penyakit arteri koroner. Namun, hal ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

"Wanita lebih mungkin mengalami gejala lain selain ketidaknyamanan dada, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan ekstrem," kata klinik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement