Jumat 29 Dec 2023 15:11 WIB

Dewan Adat Sentani Imbau Masyarakat Papua Jaga Kedamaian

Warga Papua diimbau tidak mudah terprovokasi.

Red: Agus raharjo
Kericuhan di Sentani Papua.
Foto: Tangkapan Layar
Kericuhan di Sentani Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA--Dewan Adat Sentani di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, mengimbau masyarakat Papua untuk ikut menjaga kedamaian wilayah.

"Mari bersama kita jaga kedamaian di bulan yang sakral ini," kata Ketua Dewan Adat Suku Sentani Orgenes Kaway di Sentani, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga

Ia menyampaikan bahwa toleransi antar-umat beragama yang sudah terbangun di Tanah Papua hendaknya terus dijaga. Orgenes menuturkan, selama ini para pemeluk agama hidup rukun dan saling bantu di Tanah Papua.

"Pada perayaan Natal para pemuda dari agama lain ikut menjaga keamanan dan arus lalu lintas ketika ibadah berlangsung," katanya.

Dia mengimbau warga Papua tidak mudah terprovokasi dan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak kerukunan dan kedamaian.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Papua baik Orang Asli Papua maupun Nusantara terus jaga dan jangan beri celah bagi isu provokatif yang dapat merusak kebersamaan kita sebagai anak bangsa Indonesia," katanya.

Sebagai perwakilan dari Suku Sentani, dia juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Mari sama-sama kita mengiring kepergian mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dengan damai Natal," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement