Jumat 29 Dec 2023 19:47 WIB

Ini Baik Buruknya Merawat Orang Tua di Panti Wreda

Di Panti Wreda, orang tua tak hanya diam di dalam ruangan, tapi juga berjalan-jalan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Aktivitas di Panti Wreda. Saat ini menitipkan Orangtua ke Panti Wreda masih menimbulkan pro dan kontra.
Foto: Freepik
Aktivitas di Panti Wreda. Saat ini menitipkan Orangtua ke Panti Wreda masih menimbulkan pro dan kontra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang influencer dan kreator digital yang dikenal melalui akun Instagram @elyellee, Ely baru-baru ini membagikan pengalamannya tentang sebuah tempat day care untuk orang tua atau panti wreda di Senior Living. Dalam video yang dibagikan, Ely memulai dengan menampilkan tangkapan layar komentar yang menyebut anak yang menitipkan orang tua di panti wreda sebagai "contoh anak durhaka di masa modern."

Dengan pertanyaan apakah itu benar-benar durhaka menitipkan orang tua di panti wreda, Ely menjelaskan perspektifnya. Dia menunjukkan wajah bahagia para orang tua di tempat tersebut, yang tetap dapat menjalani kehidupan produktif. “Kata orang-orang sih (durhaka) gitu ya. Tapi, lihat saja muka happy mereka (para orang tua) bisa tetap produktif di usai lanjut. Ini seru banget,” kata Ely dalam narasi video, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga

Ely menjelaskan para orang tua tidak hanya tinggal di dalam ruangan, tetapi juga sering keluar, menikmati kulineran, dan pergi ke tempat yang mereka inginkan. Ely menyebutkan bahwa di Rukun Senior Living, orang tua yang masih sehat, aktif, dan tidak memerlukan pendampingan khusus dapat tinggal di sana.

Bagi mereka yang membutuhkan perawatan atau pendampingan khusus, Ely merekomendasikan Rukun Senior Care. Tempat ini tidak hanya menyediakan pendampingan care giver, tetapi juga kunjungan dokter secara berkala. Ada berbagai tipe kamar, termasuk kamar khusus untuk lansia yang memerlukan penanganan khusus, dilengkapi dengan CCTV.

Dalam video tersebut, Ely menunjukkan suasana di panti wreda, di mana para orang tua terlibat dalam berbagai aktivitas seperti melukis, bermain permainan ringan, dan berjalan-jalan di luar panti wreda. Dia merasa terharu oleh semangat para orang tua dan berharap kita semua dapat bahagia dengan pilihan kita sampai tua nanti.

Dalam keterangan video, Ely menyertakan list kegiatan harian yang mencakup seni, olahraga ringan, dan jalan-jalan. Dia mengajukan pertanyaan kepada pengikutnya tentang pendapat mereka terkait daycare untuk orang tua. Warganet saling berbagi pandangan yang berbeda tentang panti wreda.

“Menurutku, menaruh orang tua di daycare seperti ini lebih merupakan bentuk berbakti daripada meninggalkan mereka di rumah untuk dijaga cucu,” tulis akun real_sabi***.

“Jika suatu hari saya tidak menikah, saya ingin orang tua saya tinggal di sini agar mereka tidak merasa kesepian,” tulis akun p.jinju***.

“Tempat seperti ini adalah yang saya inginkan ketika saya mencapai usia mereka. Terima kasih atas informasinya!” tulis akun shahnaz.ha***.

“Menjaga orang tua lebih baik dilakukan oleh anaknya sendiri. Kembali ke saat masa kecil, perawatan perawat lebih nyaman saat ada ibu yang mengawasi, tetap bisa bertemu setiap hari, pergi bersama anak dan cucu. Jika ada kemampuan finansial, mungkin sewa pengasuh, tapi setidaknya orang tua masih di rumah bersama-sama, bisa dipeluk saat kangen,” tulis akun aqissitibal***.

“Ini benar-benar meninggalkan orang tua begitu saja. Bayangkan jika orang tua kita telah merawat kita dari kecil hingga besar, bahkan setelah menikah dan memiliki anak. Seolah melepaskan tanggung jawab, tidak ingin repot merawat orang tua, namun nanti merasa menyesal saat mereka tiada. Hargailah waktu bersama orang tua, rawatlah mereka dengan kasih sayang seperti cara mereka merawat kita,” tulis akun erick.***. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement