Jumat 29 Dec 2023 22:40 WIB

Peringati Hari Bela Negara, Peruri Tanam 500 Pohon Dorong Kelestarian Alam

Penanaman 500 pohon memiliki banyak manfaat bagi lingkungan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
BUMN Peruri bersama dengan anak perusahaannya, Peruri Security Printing melakukan kegiatan penanaman 500 pohon yang berlokasi di Kawasan Kampus UPN Veteran Jawa Timur.
Foto: Dok. Bumn
BUMN Peruri bersama dengan anak perusahaannya, Peruri Security Printing melakukan kegiatan penanaman 500 pohon yang berlokasi di Kawasan Kampus UPN Veteran Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara yang jatuh pada 19 Desember 2023, BUMN Peruri bersama dengan anak perusahaannya, Peruri Security Printing melakukan kegiatan penanaman 500 pohon yang berlokasi di Kawasan Kampus UPN Veteran Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Peruri, Peruri Security Printing, UPN Veteran Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri, Ratih Sukma Pratiwi, Direktur Utama Peruri Security Printing, Ahmad Hidayat, Direktur Peruri Security Printing, Agung Hari Subagyo dan turut dihadiri oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU, dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Nurul Muntasyiroh.

Baca Juga

Mengusung tema “Hijaukan Indonesia”, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Peruri dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui program penghijauan untuk pengurangan emisi gas karbon serta gas rumah kaca.

Prof. Akhmad Fauzi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini menjadi salah satu wujud nyata dari semangat bela negara. “Bukan hanya tanggung jawab kita untuk mempertahankan negara dari ancaman luar, tetapi juga untuk menjaga dan merawat lingkungan alam sebagai warisan bagi generasi mendatang,” ujar Prof. Akhmad, Jumat (29/12/2023). 

Penanaman 500 pohon memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, di antaranya menjadi penopang ekosistem, penyaring udara, dan penyerap karbon guna membantu mengurangi dampak perubahan iklim. 

“Keberlanjutan alam bukanlah pilihan, melainkan investasi dan sebuah keharusan yang harus diemban oleh setiap individu untuk generasi mendatang. Peruri Group memiliki peran aktif dan tanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan yang merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan,” kata Ahmad Hidayat.

“Program penghijauan ini bukanlah sekadar kewajiban, melainkan tanggung jawab moral perusahaan. Kami berusaha menjalankan peran kami sebagai agen perubahan positif sesuai dengan misi perusahaan untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, kepada bangsa dan negara,” ujar Ratih.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak, baik korporasi maupun individu untuk turut serta dalam usaha pelestarian lingkungan karena semua orang memiliki peran penting dalam menjaga keindahan alam dan melindungi bumi tempat kita tinggal. Bukan hanya menandai peringatan Hari Bela Negara, tetapi juga menjadi awal dari upaya bersama untuk mewujudkan Indonesia yang hijau dan berkelanjutan."

Adapun, 500 pohon yang ditanam dengan rincian 400 pohon Tabebuya ditanam di area depan Kampus UPN Veteran Jawa Timur, dan Fakultas Pertanian, 50 Pohon Ketapang ditanam di Fakultas Pertanian dan Bozem, 30 Pohon Pule ditanam di sekitar Gedung Twin-Tower, serta 20 Pohon Pule di bozem bagian barat Fakultas Arsitektur Desain dan Bozem Pertanian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement