Ahad 31 Dec 2023 11:51 WIB

Satu Nggak Cukup, Menhub Ingin Dua Penerbangan ke Bandara Wiriadinata Tasikmalaya

Saat ini tidak ada penerbangan pesawat reguler ke Wiriadinata

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penerbangan komersial kembali dilayani di Bandara Wiriadinata setelah beberapa tahun tidak aktif akibat pandemi Covid-19.
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Penerbangan komersial kembali dilayani di Bandara Wiriadinata setelah beberapa tahun tidak aktif akibat pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengupayakan penerbangan pesawat reguler ke Bandara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya. Pasalnya, saat ini tak ada penerbangan pesawat komersial di bandara yang berlokasi di Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, itu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui saat ini tidak ada penerbangan pesawat reguler di bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2018 itu. Karena itu, pihaknya ingin mengupayakan agar transportasi udara dapat hadir kembali di Tasikmalaya.

"Tadi sudah bersepakat, Pak Wali Kota dan Dirjen untuk mengupayakan adanya penerbangan," kata dia di Kota Tasikmalaya, Sabtu (30/12/2023).

Namun, menurut dia, pemerintah daerah bersama pihak swasta harus menjamin okupansi pesawat sebanyak 70 persen. Karenanya, ia meminta dukungan pemerintah daerah untuk dapat menarik minat masyarakat menggunakan transportasi udara. 

"Kita usahakan ada dua penerbangan di sini (Bandara Wiriadinata)," kata Budi.

Sebelumnya, penerbangan di Bandara Wiriadinata sempat kembali beroperasi pada Senin, 2 Oktober 2023. Operasional perdana setelah sekian lama itu ditandai dengan penerbangan maskapai Citilink dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Wiriadinata. 

Ketika itu, penerbangan maskapai Citilink di Kota Tasikmalaya memiliki jadwal dua kali dalam sepekan, yaitu setiap Senin dan Sabtu. Penerbangan itu menggunakan pesawat model ATR 72-600 yang memiliki kapasitas 70 kursi penumpang dan kapasitas cargo yang cukup besar. Adapun harga tiket yang dijual mulai Rp 899 ribu.

Penerbangan komersial dengan skema CV Adirama Mitra Sehati mencarter pesawat maskapai Citilink itu masih sempat beroperasi pada Sabtu (7/10/2023) dan Senin (9/10/2023). Namun, pada jadwal Sabtu dan Senin berikutnya, pesawat itu tak lagi terbang dari Jakarta ke Tasikmalaya atau sebaliknya hingga saat ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, pihaknya siap untuk memfasilitasi apabila terdapat pengusaha lokal yang ingin membuka penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata. Pasalnya, maskapai Citilink masih membuka lebar kesempatan kerja sama untuk melayani rute Tasikmalaya-Jakarta. 

"Yang jelas kami akan terus memfasilitasi. Kami mengundang siapapun pengusaha kota tasikmalaya untuk ikut serta dalam proses ini," kata dia, Rabu (25/10/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement