Rabu 03 Jan 2024 00:05 WIB

Empat Alasan Istighfar Menjadi Kunci Pembuka Rezeki

Istighfar pada hakikatnya adalah memohon ampunan kepada Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Istighfar (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Istighfar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang merasa hidupnya teramat sulit karena rezeki yang terasa sempit. Mereka merasa kesulitan-kesulitan itu karena dosa-dosa yang menumpuk.

Maka dari itu, diperlukan kunci untuk membuka pintu rezeki tersebut. Rasulullah SAW mengatakan kuncinya adalah memperbanyak istighfar.

Baca Juga

Dengan beristighfar, maka akan dibuka pintu-pintu rezeki itu, baik rezeki berupa harta, jodoh, anak, maupun rezeki kesehatan. Istighfar pada hakikatnya adalah memohon ampunan kepada Allah sehingga dengan memperbanyak istighfar menjadi sarana kita meraih ampunan-Nya.

Berikut ini empat alasan kenapa istighfar menjadi janji Allah untuk membuka pintu rezeki.

Alasan Istighfar Menjadi Kunci Pembuka Rezeki

1. Disebutkan dalam Alquran surat Hud ayat 52

“Dan (dia berkata): “Hai kaumku, beristighfarlah kepada Rabb-mu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan atasmu hujan yang sangat deras dan Dia akan menambahkan kekuatan pada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, Nabi Hud memerintahkan kaumnya untuk beristighfar (memohon ampun kepada Allah) agar dosa mereka dihapus dan apabila ampunan mereka diterima maka Allah akan memudahkan rezekinya, memudahkan urusannya, dan menjaganya.

Allah menjanjikan rezeki...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement