Senin 01 Jan 2024 23:25 WIB

Mitoma Masuk Skuad Jepang di Piala Asia 2023 Walau Cedera Pergelangan Kaki

Skuad Jepang yang satu grup dengan Indonesia didominasi pemain yang berlaga di Eropa.

Red: Israr Itah
Kaoru Mitoma tetap masuk skuad Jepang untuk Piala Asia 2023 meskipun tengah cedera.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Kaoru Mitoma tetap masuk skuad Jepang untuk Piala Asia 2023 meskipun tengah cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain sayap Brighton & Hove Albion Kaoru Mitoma dimasukkan dalam skuad Jepang untuk putaran final Piala Asia 2023 Qatar. Padahal, ia masih menderita cedera pergelangan kaki.

Pelatih Hajime Moriyasu memasukkan pemain berusia 26 tahun itu ke dalam skuad 26 orang yang didominasi para penggawa yang merumput di Eropa. Di antaranya pemain Liverpool Wataru Endo, bek Arsenal Takehiro Tomiyasu, dan Takefusa Kubo dari Real Sociedad. 

Baca Juga

“Saya tidak tahu apakah (Mitoma) akan siap untuk pertandingan pertama, tapi dia pulih dengan baik dan saya berharap dia bisa tersedia pada tahap awal,” kata Moriyasu kepada wartawan dikutip dari Reuters.

Manajer Brighton Roberto De Zerbi meragukan ketersediaan Mitoma untuk turnamen kontinental 24 negara Benua Kuning yang berlangsung hingga 10 Februari. Sebab, ia tertatih-tatih saat bermain imbang 1-1 dengan Crystal Palace pada 21 Desember silam.

Jepang mengincar gelar kelima di Piala Asia untuk memecahkan rekor, setelah sebelumnya juara pada 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Moriyasu memimpin Samurai Biru ke final pada tahun 2019, tapi timnya kalah dari Qatar.

Striker Celtic Kyogo Furuhashi termasuk di antara mereka yang absen dalam pemanggilan bersama pemain Lazio Daichi Kamada dan gelandang Fortuna Dusseldorf Ao Tanaka.

Absennya Tanaka, yang terkenal karena mencetak gol kemenangan Jepang melawan Spanyol di Piala Dunia 2022, merupakan kejutan. Sebab, oemain berusia 25 tahun itu mencetak gol untuk tim Moriyasu dalam kemenangan 5-0 atas Thailand di Tokyo dalam laga persahabatan, Senin (1/1/2024).

Piala Asia akan dibuka pada 12 Januari, tapi tim Samurai Biru akan memulai perjalanan di Piala Asia pada 14 Januari melawan Vietnam. Tim Asia Tenggara ini dipimpin oleh mantan pelatih Jepang Philippe Troussier. Setelahnya, Jepang akan menghadapi Irak dan Indonesia di Grup D.

Skuad Jepang untuk Piala Asia 2023

Kiper: Daiya Maekawa (Vissel Kobe) Zion Suzuki (Sint-Truidense VV) Taishi Brandon Nozawa (FC Tokyo)

Bek: Shogo Taniguchi (Al-Rayyan SC) Kou Itakura (Borussia Moenchengladbach) Tsuyoshi Watanabe (KAA Gent) Yuta Nakayama (Huddersfield Town AFC) Koki Machida (Royale Union Saint-Gilloise) Seiya Maikuma (Cerezo Osaka) Takehiro Tomiyasu (Arsenal) Hiroki Ito (VfB Stuttgart) Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar)

Gelandang/Penyerang: Wataru Endo (Liverpool) Junya Ito (Stade de Reims) Takuma Asano (VfL Bochum) Takumi Minamino (AS Monaco) Hidemasa Morita (Sporting CP) Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion) Daizen Maeda (Celtic) Reo Hatate (Celtic) Ritsu Doan (SC Freiburg) Ayase Ueda (Feyenoord) Keito Nakamura (Stade de Reims) Kaishu Sano (Kashima Antlers) Takefusa Kubo (Real Sociedad) Mao Hosoya (Kashiwa Reysol)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement