Selasa 02 Jan 2024 14:02 WIB

Komisi III DPR Tunggu Jokowi Serahkan Nama Pengganti Firli

Komisi III DPR RI menunggu Presiden Jokowi menyerahkan nama pengganti Firli Bahuri.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua KPK Non Aktif Firli Bahuri. Komisi III DPR RI menunggu Presiden Jokowi menyerahkan nama pengganti Firli Bahuri.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua KPK Non Aktif Firli Bahuri. Komisi III DPR RI menunggu Presiden Jokowi menyerahkan nama pengganti Firli Bahuri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi III DPR, Habiburokhman, mengatakan pihaknya belum menerima nama calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, Firli Bahuri dijatuhi sanksi diminta untuk mengundurkan diri.

"Kami berharap pengganti Pak Firli ini segera bisa diproses agar tidak terjadi kekosongan pimpinan KPK," ujar Habiburokhman saat dikonfirmasi, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga

Jelasnya, Jokowi haruslah mengajukan nama calon pimpinan KPK kepada Komisi III. Setelah itu, pihaknya bisa memproses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap nama tersebut.

Sosok pengganti Firli dapat diambil dari nama-nama calon pimpinan KPK yang tidak terpilih dalam hasil voting Komisi III pada 2019. Empat nama tersebut, yakni Sigit Danang Joyo, Lutfi Jayadi Kurniawan, I Nyoman Wara, dan Robby Arya Brata.

Jika tak diambil dari empat nama tersebut, Jokowi dapat membentuk panitia seleksi (pansel) untuk mendorong nama tertentu untuk diusulkan ke Komisi III. Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Kerja KPK sebagai institusi bisa lebih maksimal (jika segera adanya ketua baru)," ujar Habiburokhman.

Majelis Sidang Kode Etik Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri bersalah telah melanggar Kode Etik dan Kode Perilaku Insan KPK. Firli dinilai melanggar terkait pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Menyatakan Terperiksa Firli Bahuri telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran kode etik dan kode perilaku yaitu melakukan hubungan langsung maupun tidak langsung dengan Syahrul Yasin Limpo yang perkaranya sedang ditangani oleh KPK," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dalam Sidang Kode Etik di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Tumpak menerangkan tindakan Firli yang tidak memberitahukan kepada sesama Pimpinan mengenai pertemuan dan komunikasi dengan Syahrul Yasin Limpo diduga menimbulkan benturan kepentingan.

Dewas juga mengatakan perbuatan tersebut tidak menunjukkan keteladanan dalam tindakan dan perilaku sebagai pimpinan KPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement