Rabu 03 Jan 2024 07:05 WIB

Justin Hubner Akui Jalani Laga Sulit, Tapi Senang Catatkan Debut di Timnas Indonesia

Justin Hubner membuat blunder yang berujung gol kedua Libya.

Red: Israr Itah
Justin Hubner
Foto: dok PSSI
Justin Hubner

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Justin Hubner mencatatkan debutnya bersama timnas senior Indonesia dalam laga persahabatan kontra Libya. Dalam laga ini, timnas kalah 0-4 di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2023) malam WIB.

Hubner turun di babak kedua. Ia berpasangan dengan Jordi Amat di sektor palang pintu. Secara teknis ia menunjukkan kepercayaan diri. Namun Justin membuat blunder. Gol kedua the Mediterranean Knights terjadi karena kesalahan operan penggawa Wolverhampton Wanderers itu.

Baca Juga

"Ini pertandingan pertama saya (bersama timnas senior). Cukup sulit karena ini sistem baru bagi saya, dengan formasi baru. Jadi ya, ini laga yang sangat sulit untuk dimainkan, tapi setidaknya saya senang memainkan pertandingan pertama untuk tim," kata Hubner selepas laga.

Pelatih Shin Tae-yong menginstruksikan pasukannya untuk berani memegang bola. Terutama setelah turun minum. Namun beberapa kesalahan individu harus dibayar mahal.

Hubner mengakuinya. Tak ada cara lain untuk berbenah. Menurut dia kekompakan dalam tim harus ditingkatkan.

"Yang perlu kami tingkatkan adalah semua bertahan, semua sama-sama menyerang. Kami harus bermain sebagai sebuah tim," ujar pesepak bola 20 tahun ini.

Ia mengakui operannya tidak selalu mulus. Secara keseluruhan, ini bukan laga yang bagus bagi awak Merah Putih. Hubner meminta semua elemen dalam tim bekerja lebih keras, berjuang, dan bertarung dalam setiap perebutan bola.

Pada Jumat (5/1/2023), Indonesia dan Libya kembali bertarung. Saat itu, ada perhitungan poin FIFA sehingga pelatih Shin kemungkinan tak merotasi pemain sebanyak laga ini. 

Setelah itu, empat hari berselang, pasukan Garuda berjumpa Iran di Qatar sebelum tampil di Piala Asia 2023. Hubner dkk menjadi underdog karena tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى مَدْيَنَ اَخَاهُمْ شُعَيْبًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ فَاَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement