REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani, mengatakan siaran langsung (live) TikTok yang dilakukan Anies Baswedan dan Mahfud MD merupakan bagian dari kreativitas kampanye kedua peserta Pilpres 2024 itu untuk meraih simpati pemilih. Khusus Anies, diketahui live-nya di TikTok pada pekan lalu viral dengan total jutaan views.
"Setiap upaya kreativitas untuk menarik simpati pemilih sebanyak-banyaknya, itu sah-sah saja," kata Muzani di Jakarta, Rabu (3/1/2024).
Dia mengatakan hal itu untuk menjawab pertanyaan apakah aksi live TikTok yang dilakukan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan menyaingi gimik gemoy usungan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Muzani menilai, bahwa aksi siaran langsung di platform media sosial yang dilakukan Anies dan Mahfud MD merupakan hasil dari eksplorasi demokrasi demi meraih simpati publik.
Pasangan calon Prabowo-Gibran pun melakukan metode serupa, tambahnya, sehingga tidak perlu merasa tersaingi. "Itu bentuk dari kreativitas dalam setiap demokrasi untuk menjaring simpati sebanyak-banyaknya dan inilah pentingnya demokrasi, mengeksplorasi banyaknya kreativitas dan inovasi," jelas Muzani.