Rabu 03 Jan 2024 15:50 WIB

Survei Polling Institute: Prabowo-Gibran Masih Unggul

Elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 itu berada di angka 46,2 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih berada di tingkat teratas dibandingkan dua pasangan calon lainnya. Berdasarkan hasil survei Polling Institute, elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 itu berada di angka 46,2 persen.

Survei Polling Institute ini dilakukan pada 26-28 Desember 2023 dengan sampel sebanyak 1.246 responden. Survei dilakukan menggunakan kombinasi metode random digit dialling (RDD) dan double sampling (DS) serta margin of error survei diperkirakan sekitar 2,9 persen.

"Dan jeda satu minggu pengambilan data setelah debat caweapres ini cukup stagnan dari 46,1 ke 46,2. Jadi pada satu minggu terakhir pasca debat cawapres belum ada pergerakan elektabilitas untuk paslon nomor urut 2," kata peneliti utama Polling Institute, Kennedy Muslim dalam paparannya di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Kennedy menjelaskan, kenaikan elektabilitas paslon nomor urut 2 sangat signifikan terjadi saat Gibran diumumkan sebagai cawapres Prabowo Subianto. Saat itu, terjadi kenaikan elektabilitas sekitar 7 persen.