Kamis 04 Jan 2024 09:38 WIB

Breaking News! Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Wilayah Laut Banda

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Red: Agus raharjo
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Laut Banda, Maluku Tengah, Maluku, pada kedalaman 141 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam slab Lempeng Banda," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust-fault). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada pukul 07.43 WIB itu terletak pada koordinat 7,07 lintang selatan dan 129,94 bujur timur. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 181 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku.

Ia mengemukakan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di Saumlaki dengan skala intensitas II MMI (modified mercally intensity). Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," katanya.

Daryono mengatakan hingga pukul 07.49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Ia mengimbau kepada masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement