Kamis 04 Jan 2024 17:40 WIB

246 Calon Jamaah Haji OKU Siap Berangkat ke Makkah

Calon jamaah haji OKU akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 8 Januari 2024.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Sebanyak 246 calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan siap berangkat ke tanah suci Makkah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

"Sesuai kuota, sebanyak 246 calon haji siap diberangkatkan ke tanah suci tahun ini," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Abdul Muis di Baturaja, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan saat ini tengah melakukan berbagai persiapan seperti penguatan fisik bagi jamaah menjelang keberangkatan ke tanah suci. "Setiap akhir pekan kami mengajak calon haji untuk olahraga, yaitu jalan kebugaran agar bisa menjaga kesehatan fisik mereka," katanya.

Selain itu, Abdul pun telah menjadwalkan pada 8 Januari 2024 melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh jamaah asal daerah itu. Pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilakukan dalam empat tahap, dimulai dari medical checkup (MCU) untuk mengidentifikasi penyakit fisik pada jamaah.

Jamaah juga akan melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tekanan darah, pengukuran EKG, dan pengukuran kimia darah. "MCU ini dilaksanakan guna mengevaluasi kesehatan jamaah haji agar mengetahui kondisi saat ini sehingga agar tidak bertambah berat penyakitnya saat puncak ibadah haji nanti," ucapnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, ia juga nantinya akan memilih ketua kloter masing-masing. "Sementara, terkait ongkos haji tahun ini yaitu sebesar Rp 56 juta atau hanya menambah Rp 31 juta dari yang sudah disetor jamaah calon haji sebelumnya. Tapi untuk angka pastinya kami masih menunggu keputusan dari Embarkasi Palembang. Biasanya bisa lebih murah dari itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement