Jumat 05 Jan 2024 13:00 WIB

Ini Empat Negara Bagian AS yang Mulai Terapkan Wajib Masker

AS negara maju dengan angka kematian Covid-19 tertinggi di dunia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Gita Amanda
Setidaknya empat negara bagian di Amerika Serikat (AS) menerapkan kembali wajib masker di rumah sakit. (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Setidaknya empat negara bagian di Amerika Serikat (AS) menerapkan kembali wajib masker di rumah sakit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Setidaknya empat negara bagian di Amerika Serikat (AS) menerapkan kembali wajib masker di rumah sakit. Langkah ini diambil setelah melonjaknya kasus Covid-19, flu musiman, dan penyakit pernapasan lainnya.

Fasilitas perawatan kesehatan di New York, California, Illinois, dan Massachusetts mewajibkan masker pada pasien dan petugas medis. Komisioner kesehatan Kota New York Dr Ashwin Vasan mengatakan wajib masker kembali diterapkan di 11 rumah sakit, 30 pusat kesehatan dan lima perawatan jangka panjang di kota itu.

Baca Juga

"Kami tidak ingin mengalami kekurangan staf lagi, kan? Ketika kami dilanda gelombang omicron pada 2022, masalah terbesarnya tidak hanya membuat orang sakit, tapi juga petugas media di garis depan, mereka tidak bisa bekerja karena Covid," kata Vasan pada stasiun televisi WABC, Kamis (4/1/2024).

Data mingguan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan dari 17 sampai 23 Desember lebih dari 29 orang masuk rumah sakit akibat Covid-19. Naik 16 persen dari pekan sebelumnya. CDC juga melaporkan di periode yang sama 14.700 orang terkena flu dan harus dirawat di rumah sakit.

Dikutip dari laman Reuters, wajib masker menjadi perdebatan politik dan budaya selama pandemi Covid-19. Memicu kemarahan orang-orang yang menolak anjuran medis dan merasa masker hanya sedikit menahan penularan penyakit.

Mahkamah Agung yang dikuasai kelompok konservatif membatalkan mandat Presiden Joe Biden yang mewajibkan vaksin atau tes untuk perusahaan. Seorang hakim yang ditunjuk selama pemerintahan Partai Repubik juga membatalkan mandat wajib masker di transportasi publik.

Juga terdapat kebencian mendalam dari warga yang mengenakan masker pada orang-orang yang tidak memakai masker karena merasa kesehatan mereka terancam oleh mereka yang tidak memakai masker. CDC mencatat 1,1 juta warga AS meninggal dunia akibat Covid-19.

AS negara maju dengan angka kematian Covid-19 tertinggi di dunia. Sistem medis Rush University di Chicago mengatakan mereka mewajibkan "pasien, penjenguk, dan staf mengenakan masker yang disetujui rumah sakit di sejumlah area di kampus. Termasuk orang-orang yang berada di ruang tunggu dan pendaftaran pasien."

Bulan lalu Cook County Health, yang mencakup Chicago, dan Endeavour Health di pinggiran Chicago mulai mewajibkan penggunaan masker lagi. Setelah Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois meminta rumah sakit untuk meningkatkan upaya mitigasi di beberapa bidang, termasuk penggunaan masker di seluruh fasilitas.

Dalam pernyataannya Sistem Kesehatan Berkshire, di Massachusetts mulai mewajibkan penggunaan masker pada Rabu (3/1/2024).

Menurut daerah yang diberikan kepada City News Service, Di hari yang sama Los Angeles County di  California juga menerapkan kembali penggunaan masker di semua fasilitas perawatan kesehatan berlisensi. Departemen kesehatan di wilayah tersebut belum menanggapi permintaan komentar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement