Jumat 05 Jan 2024 19:32 WIB

Akses Pembuatan Akun Prakerja Kembali Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Pembuatan akun ini terbuka bagi semua kalangan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022). Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja yang difokuskan untuk bantuan peningkatan kemampuan kompetensi dan produktivitas angkatan kerja pada 2023.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022). Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja yang difokuskan untuk bantuan peningkatan kemampuan kompetensi dan produktivitas angkatan kerja pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengawali 2024, Prakerja kembali membuka akses pembuatan akun Prakerja di laman www.prakerja.go.id. Pembuatan akun itu dinilai penting karena menjadi salah satu syarat untuk bergabung ke gelombang Prakerja. 

Pada akhir 2023 silam, gelombang Prakerja ditutup di gelombang 62 pada Oktober 2023. Maka pembukaan gelombang 63 telah ditunggu oleh masyarakat.

Baca Juga

Disebutkan, sejak diluncurkan pada 2020 hingga saat ini manfaat Prakerja telah dirasakan oleh 17,5 juta orang dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Berdasarkan hasil riset dan evaluasi dari berbagai lembaga riset independen menunjukkan, Prakerja memberikan dampak signifikan terhadap terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Salah satunya hasil penelitian dari J-PAL Southeast Asia. Penelitian itu memperlihatkan, Prakerja meningkatkan pendapatan penerima, meningkatkan peluang mendapat pekerjaan baru, menaikkan peluang memiliki usaha, dan mendorong penggunaan sertifikat pelatihan dalam mencari kerja. 

Pada tahun ini, Prakerja akan melanjutkan pembukaan gelombang dengan skema normal yaitu besaran beasiswa yang akan diterima peserta mencapai Rp 4,2 juta per individu. Total ini terbagi menjadi biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif dana pasca pelatihan Rp 600 ribu yang diberikan sebanyak satu kali, juga insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

“Meski saat ini Gelombang 63 belum dibuka, ada baiknya masyarakat mulai membuat akun Prakerja dari sekarang. Sehingga nanti ketika pembukaan gelombang 63 dimulai, peserta tinggal menekan tombol ‘Gabung Gelombang’ pada dashboard akun Prakerja masing-masing," ujar Head Komunikasi PMO Kartu Prakerja Lydia Kusnadi dalam siaran pers, Jumat (5/1/2024).

Ia mengatakan, pembuatan akun ini terbuka bagi semua kalangan. Begini caranya.

  1. Buka situs www.prakerja.go.id
  2. Pilih menu “Daftar” jika belum memiliki akun
  3. Daftarkan dan isi data diri, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya untuk diverifikasi
  4. Jika sudah memiliki akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password
  5. Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar
  6. Jika gelombang pendaftaran telah dibuka, klik “Gabung Gelombang”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement