Ahad 07 Jan 2024 06:16 WIB

Mahfud MD Bolehkan Warga Terima Uang, tapi Coblos Ikut Hati Nurani

Mereka boleh diberi sembako, boleh diberi uang, terima uangnya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat menghadiri acara deklarasi dukungan di Lapangan Jalan Akses Rusun, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (6/1/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat menghadiri acara deklarasi dukungan di Lapangan Jalan Akses Rusun, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (6/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengingatkan kepada masyarakat agar pada hari pemungutan suara, yaitu 14 Februari 2024, untuk dapat mencoblos mengikuti hati nurani. Meski sudah menerima uang, pemilih lebih baik mencoblos sesuai kata hatinya.

"Enggak apa-apa orang ngasih uang, boleh, tetapi ketika pada hari pencoblosan, di ruang pencoblosan, ikutlah bisikan hati nurani," kata Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara deklarasi dukungan oleh Forum Betawi Rempug (FBR) dan Ikatan Keluarga Madura (Ikama) di kawasan Cakung, Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024).

Baca Juga

Oleh sebab itu, Mahfud mengajak masyarakat yang hadir pada acara tersebut untuk saling memberi tahu kepada sesama agar tetap memilih dengan mengikuti hati nurani. "Saudara beri tahu kepada rakyat. Mereka boleh diberi sembako, boleh diberi uang, terima uangnya. Akan tetapi, ketika mencoblos harus ikut, ikut yang diajarkan semua agama, yaitu ikut bisikan hati nurani," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut juga mengatakan kepada massa yang hadir untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Pemilu 2024 merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki negara.

"Untuk memperbaiki negaranya dengan cara memilih pemimpin-pemimpin. Entah itu di legislatif maupun di eksekutif. Entah itu di DPR, DPD, dan DPRD, maupun presiden/wakil presiden dan kepala daerah. Ini Pemilu yang akan menentukan. Supaya diingat, untuk tentukan pilihan itu, jangan jual harga diri dengan harga murah," ujarnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat memilih yang terbaik dengan banyak melakukan konsultasi. "Saya ingin memperbaiki negara ini, saya ingin memperbaiki negara ini. Oleh sebab itu, pilihlah yang terbaik. Siapa yang terbaik? Saudara bisa banyak konsultasi, ya," kata Mahfud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement