Senin 08 Jan 2024 10:38 WIB

Prabowo Tegaskan Dukungan ke Palestina karena Petunjuk Presiden Jokowi

Capres Prabowo mengatakan, 1.000 kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Calon presiden (capres) nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.
Foto: Republika/Prayogi
Calon presiden (capres) nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengaku, dirinya berkali-kali menyinggung dukungan penuh Indonesia untuk Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya. Hal itu karena ia mendapatkan petunjuk langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Prabowo, Jokowi konsisten dan berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina. "Mengenai Palestina, kita tetap mendukung. Presiden sudah memberi petunjuk kepada saya," kata Prabowo seusai debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (7/1/2024) malam WIB.

Baca Juga

Prabowo berjanji bila terpilih menjadi presiden, ia akan melanjutkan komitmen RI untuk solid mendukung perjuangan Palestina. Indonesia, kata dia, selalu siap di setiap Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meminta pasukan perdamaian ke Gaza.

Menurut dia, pemerintah Indonesia juga akan menyiapkan kapal rumah sakit milik TNI AL untuk membantu korban konflik di Palestina. "Kita terus kontak dengan Mesir, dan negara-negara lain dalam membantu Palestina," ujar Prabowo.

Saat mempresentasikan gagasannya di debat kedua kemarin malam, Prabowo mengatakan politik luar negeri Indonesia secara tradisi sejak awal merdeka adalah bebas aktif. Prabowo mengatakan, 1.000 kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Indonesia akan menjalankan politik tetangga baik.

Dia bertekad Indonesia harus punya pertahanan yang kuat. "Mungkin ada yang asal bicara tanpa data ya kan? Mungkin didorong oleh ambisi yang menggebu-gebu sehingga tidak objektif," ucap Prabowo.

"Saya sebagai menhan berpegang kepada doktrin kepada strategi nasional dan semuanya adalah atas dasar kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia dan saya mampu mempertanggungjawabkan dan saya berkeyakinan hanya dengan pertahanan yang kuat kita akan dihormati, kita akan menjaga kepentingan nasional kita," kata Prabowo menegaskan.

Catatkan prestasi di Kemenhan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement