Selasa 09 Jan 2024 12:07 WIB

Ustaz Abdul Somad Tekankan Pentingnya Beradab Sebelum Berilmu

Adab yang luar biasa akan membuat kita terkenang, terngiang terus.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Sebagai umat Islam, menuntut ilmu merupakan suatu keharusan. Akan tetapi, ada sesuatu yang lebih penting dari berilmu, yakni memiliki adab dan akhlak.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sebagai umat Islam, menuntut ilmu merupakan suatu keharusan. Akan tetapi, ada sesuatu yang lebih penting dari berilmu, yakni memiliki adab dan akhlak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai umat Islam, menuntut ilmu merupakan suatu keharusan. Akan tetapi, ada sesuatu yang lebih penting dari berilmu, yakni memiliki adab dan akhlak. Hal itu disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad melalui kanal Youtube "Ustadz Abdul Somad Official".

Pendakwah yang pernah mengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau pada 2009-2019 itu menekankan pentingnya beradab sebelum berilmu. Bahkan, Allah Swt memuji Nabi Muhammad SAW bukan karena ilmunya dan bukan karena ibadahnya.

Baca Juga

Ustaz Abdul Somad menjelaskan, Allah SWT secara langsung memuji Rasulullah SAW karena memiliki akhlak yang mulia. Pria 46 tahun kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, itu menyoroti kedekatan definisi antara akhlak dan adab, yang keduanya penting.

"Akhlak artinya perilaku, tindak-tanduk perbuatan manusia yang dilakukan, baik atau buruk. Tata krama, sopan-santun, budi bahasa, itu akhlak. Sementara adab, bukan sekadar senyum, salam, sapa, tapi lebih jauh dari itu, hingga membantu kebutuhan orang lain," kata Ustaz Abdul Somad.