Selasa 09 Jan 2024 22:16 WIB

Agenda Pariwisata Bertaraf Internasional akan Diselenggarakan di Kalsel pada 2024

Dalam agenda ini, Pemprov Kalsel mengundang 10 negara untuk mengirimkan delegasinya.

Red: Qommarria Rostanti
Sejumlah pedagang pasar terapung menjajakan dagangannya di atas perahu saat Festival Pasar Terapung di Kalimantan Selatan. Pemprov Kalsel berencana menggelar agenda pariwisata internasional pada 2024.
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Sejumlah pedagang pasar terapung menjajakan dagangannya di atas perahu saat Festival Pasar Terapung di Kalimantan Selatan. Pemprov Kalsel berencana menggelar agenda pariwisata internasional pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengagendakan kegiatan pariwisata bertaraf internasional 2024, diantaranya Festival Pasar Terapung dan Festival Tour De Loksado. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kalsel M Syarifuddin, kedua kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang juga sudah masuk dalam Karisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

"Termasuk juga kegiatan budaya internasional dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) provinsi ini," ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga

Syarifuddin mengungkapkan, pada tahun sebelumnya, pihaknya berhasil mendatangkan delegasi dari empat negara, di antaranya Korea Selatan, Rumania, Turki, dan Taiwan. "Sedangkan untuk tahun ini kita berencana mengundang 10 negara untuk mengirimkan delegasinya guna berpartisipasi pada kegiatan Festival Budaya Internasional tersebut," jelasnya.

Termasuk juga dua festival lainnya seperti Festival Pasar Terapung yang berada di Lok Baintan Kabupaten Banjar, ini sudah mendunia. "Pasar Terapung ini menunjukkan kebudayaan dan kehidupan warga Banjar yang tinggal di pinggiran sungai Martapura, sangat menarik disaksikan," ujarnya.

Sama halnya Festival Tour De Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kata dia, yang berada di wilayah keindahan alam Geopark Pegunungan Meratus. "Ini juga sangat menarik wisatawan karena Loksado merupakan wilayah strategis pariwisata nasional yang sudah dikenal ke mancanegara," ujarnya.

Dia pun menyampaikan, banyak kegiatan pariwisata yang diagendakan di tahun ini untuk meningkatkan kunjungan wisata di provinsi tersebut. Pasalnya Kalsel mulai fokus untuk pengembangan pariwisata sebagai penggerak ekonomi daerah.

"Bahkan kita juga terus mempromosikan objek wisata dan kegiatan-kegiatan yang diagendakan tahun ini," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement