Kamis 11 Jan 2024 15:40 WIB

Ini Teknologi untuk Hewan Peliharaan yang Ada di CES 2024

Smart Collars memudahkan pemilik menemukan lokasi hewan peliharaannya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Hewan peliharaan mendapatkan manfaat dari serangkaian teknologi yang berorientasi pada hewan di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.
Foto: EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI
Hewan peliharaan mendapatkan manfaat dari serangkaian teknologi yang berorientasi pada hewan di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hewan peliharaan mendapatkan manfaat dari serangkaian teknologi yang berorientasi pada hewan di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat. Dilansir Tech Xplore, Rabu (10/1/2024), berikut rangkuman beberapa teknologi untuk hewan peliharaan dan PARA pemiliknya yang dipamerkan di CES tahun ini. 

Pertama, smart collars. Smart Dog Collar tidak hanya membantu pemilik menemukan lokasi hewan peliharaannya secara real-time, namun juga memantau aktivitasnya, termasuk detak jantungnya dan apakah ia menggonggong. 

Baca Juga

Teknologi ini dikembangkan oleh spesialis GPS Prancis, Inovaxia, yang kini juga menawarkan versi mini (cukup kecil bahkan untuk kucing) yang disebut Minitailz. Teknologi tersebut mencatat data kesehatan dan bahkan dapat membantu mendeteksi fibrilasi atrium (sejenis irama jantung tidak teratur) pada hewan. 

Minitailz menggunakan kecerdasan buatan (AI) generatif dan mencatat kapan seekor hewan melakukan apa saja mulai dari mencakar hingga makan. Ia bahkan mengidentifikasi saat hewan peliharaan menunjukkan stres. 

Kedua, kalung Ilume dari perusahaan rintisan Australia, yang disebut Tracker. Kalung tersebut menghitung langkah-langkah anjing dan memberi tahu pemiliknya melalui ponsel cerdas apa yang sedang dilakukan hewan peliharaannya, seperti berjalan atau tidur. 

Perusahaan juga menawarkan Smart Bowl, yang algoritmanya menghitung porsi makanan ideal berdasarkan usia, berat badan, dan aktivitas. 

Pasar produk-produk hewan peliharaan diperkirakan akan meroket di tahun-tahun mendatang, menurut para pelacak industri, dan hal ini tidak mengherankan mengingat sekitar 66 persen rumah tangga di AS kini memiliki setidaknya satu hewan peliharaan, menurut American Pet Products Association (APPA). 

Bukan hanya hewan yang....

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement