Kamis 11 Jan 2024 15:47 WIB

Tujuh Idola K-Pop yang Menghapus Postingan Produk Diduga Pro Israel

Banyak idola K-Pop yang diketahui sengaja atau tidak pernah mempromosikan Starbucks.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
A coalition of unions and supporters join Starbucks workers at a rally outside a midtown Manhattan Starbucks coffee store, calling for fair schedules and wages, Thursday, Nov. 16, 2023, in New York.
Foto: AP Photo/Bebeto Matthews
A coalition of unions and supporters join Starbucks workers at a rally outside a midtown Manhattan Starbucks coffee store, calling for fair schedules and wages, Thursday, Nov. 16, 2023, in New York.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Perhatian dunia pada masalah kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina, terus meningkat. Hal ini tidak terkecuali boikot terhadap brand perusahaan yang diduga pro Israel.

Komite Nasional BDS Palestina juga diketahui membagikan daftar merek produk yang akan diboikot dan menempatkannya dalam beberapa kategori. Banyak merek yang disebut-sebut diboikot di media sosial bukan merupakan bagian dari target boikot BDS yang sebenarnya.

Baca Juga

Namun itu telah dimasukkan sebagai target organik, seperti McDonald’s dan Starbucks. Solidaritas untuk kemanusiaan di Gaza juga diikuti oleh warga Korea Selatan, di mana penggemar berbondong-bondong memberitahu idola K-Pop mereka terkait produk yang diboikot.

Banyak idola K-Pop yang diketahui secara sengaja maupun tidak, pernah mempromosikan merek-merek yang diboikot tersebut. Namun, beberapa idola telah memberikan umpan balik atas permintaan penggemar.

Berikut beberapa idola yang menghapus postingan mereka berkaitan dengan produk yang sedang diboikot, seperti dilansir dari laman Koreaboo, Kamis (11/1/2024). 

1. Giselle dari aespa

Tahun lalu, Giselle aespa menyertakan foto yang menampilkan McDonald's dalam postingan dump foto di Instagram melalui akun aerichandesu. Pada bulan Januari, sang idola menghapus foto dari postingan tersebut menyusul pemberitahuan dari penggemar. Postingan Giselle berkurang dari 10 menjadi tujuh foto setelah dihapus.

2. Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ

Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ masing-masing berbagi foto yang menampilkan item dari Starbucks di Instagram dan platform media sosial KQ. Namun setelah banyak komentar dari penggemar, masing-masing idola itu pun menghapus postingannya.

3. Jeon Somi

Jeon Somi mendapat banyak kritik atas video yang dibagikan di TikTok di mana logo Starbucks terlihat jelas. Sang idola kemudian menghapus video tersebut tetapi masih menerima kritik atas postingan tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement