Kamis 11 Jan 2024 17:02 WIB

YPA-MDR Bina 125 Sekolah yang Tersebar di 14 Kabupaten

YPA-MDR juga akan menerbitkan buku Bina Inovasi Siswa.

Red: Muhammad Hafil
Hari Ulang Tahun (HUT) YPA-MDR ke-15 di Kantor Pusat YPA-MDR (11/1/2024).
Foto: Dok Republika
Hari Ulang Tahun (HUT) YPA-MDR ke-15 di Kantor Pusat YPA-MDR (11/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan di Indonesia yang disampaikan dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) YPA-MDR ke-15 bertema ‘Never Give Up’ di Kantor Pusat YPA-MDR (11/1/2024). Pada usia lustrum ketiga ini, YPA-MDR telah membina 125 sekolah yang tersebar di 14 kabupaten yang menjangkau lebih dari 2.000 guru dan lebih dari 29.000 siswa. Selain itu, YPA-MDR juga telah mengukuhkan 32 sekolah yang dilakukan melalui Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 yang diadakan di Surabaya pada November tahun lalu.

Hadir dalam acara ini Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, serta para pengurus YPA-MDR. Dalam acara ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi upaya YPA-MDR dalam berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia.

Baca Juga

 “Selamat ulang tahun ke-15 untuk Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim dan semoga di usia yang semakin matang ini, YPA-MDR terus bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Mendikbudristek RI Nadiem Makarim dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim mengatakan, “YPA-MDR terus bersemangat dan pantang menyerah untuk membangun pendidikan Indonesia, terutama di wilayah tertinggal dan strategis untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul dan berwawasan global.”

Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim juga mengumumkan tentang peluncuran buku biografi YPA-MDR edisi kedua berjudul Lustrum Ketiga YPA-MDR Berbakti: Melayani Dengan Hati, Bukan Sekadar Berbagi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain itu, YPA-MDR juga akan menerbitkan buku Bina Inovasi Siswa (BISA) berjudul “Lingkunganku Sumber Inspirasiku,” yaitu kumpulan karya para siswa dari jenjang SD, SMP, SMA/K yang menjadi wujud kontribusi YPA-MDR dalam implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengadaptasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

 Acara HUT ke-15 YPA-MDR dimulai dengan penampilan penari binaan YPA-MDR yang berhasil memenangkan Lomba Tari Kreasi Siswa Sekolah Binaan YPA-MDR 2023, yaitu SDN Hegarmanah, SDN Pabangbon 01, SDN Karyasari 01, dan SMPN 4 Pandak. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan peluncuran lagu mars YPA-MDR terbaru dan peresmian kantor baru di lantai 5 Gedung B AMDI Sunter yang berlokasi di Jalan Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta Utara.

 Tahun 2024 membuka peluang baru bagi YPA-MDR untuk terus berkarya melalui program unggulan, yaitu Guru Muda Garda Depan (GMGD), Sekolah Berbasis Digital, Karya Inovasi dan Improvement, Olimpiade Sains, dan Cerdas Matematika (Cermat). Selain itu, YPA-MDR juga akan membina dua wilayah baru, yaitu 13 sekolah di Kabupaten Lebak dan 14 sekolah di Kabupaten Sumba Timur.

Selama berdiri, YPA-MDR terus berjuang untuk memenuhi hak generasi muda bangsa Indonesia yang tinggal di daerah tertinggal dengan membuka akses pendidikan yang berkualitas, berdasarkan nilai-nilai leluhur, dan berkelanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement