Jumat 12 Jan 2024 13:32 WIB

Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup, Kemenhub Minta Maskapai Beri Kompensasi

Erupsi Gunung Merapi membuat Bandara Abdulrachman Saleh di Malang ditutup.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Operasional Bandara Abdulrachman Saleh di Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (12/1/2024), ditutup sementara. Hal itu sebagai dampak adanya abu vulkanis dari erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, beberapa waktu terakhir.

Penutupan bandara berdasarkan hasil pengamatan lapangan, berupa paper test yang dilakukan pada Jumat pukul 08.00 sampai 08.20 WIB. Penghentian sementara operasional bandara juga diumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) dengan Nomor C0079/24 NOTAMC C0063/24 mulai pukul 10.00 WIB.

"Kami harus melakukan pemberhentian karena alasan keselamatan penerbangan. Sebaran  abu vulkanis dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat terbang," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, M Kristi Endah Murni, dikutip dari siaran persnya.

Melalui Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Kristi mengaku, terus melakukan monitoring dan pengawasan perkembangan situasi tersebut berupa pengamatan lapangan, yang dilakukan dengan interval 30 menit sampai satu jam sekali pada beberapa titik di sekitar bandara.