Jumat 12 Jan 2024 16:13 WIB

Waspada Hujan Disertai Angin Kencang di Sumatra Utara

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah di Mandailing Natal dan Padang Lawas.

Red: Ani Nursalikah
Musim hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara yang disertai petir dan angin kencang pada Jumat sore dan malam.

"Hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di Pantai Barat, Lereng Barat dan Pegunungan Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Jumat (12/1/2024).

Baca Juga

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Jumat siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah di Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Labusel, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Lereng Barat, Pegunungan, Pantai Barat, dan Lereng Timur.

Potensi hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Labusel, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16–33 derajat Celsius, kelembapan udara 60–97 persen dan angin berhembus dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 10 -30 km/jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement