Jumat 12 Jan 2024 22:49 WIB

UPH Raih Akreditasi Unggul, Mahasiswa Bisa Lebih Mudah Lamar Kerja

UPH meraih sembilan kriteria penilaian yang dipenuhi untuk akreditasi unggul.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Universitas Pelita Harapan (UPH) telah meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ketua Tim Taskforce UPH Unggul Diena Mutiara Lemy mengungkapkan, ada sembilan kriteria penilaian yang telah dipenuhi UPH untuk mendapatkan akreditasi unggul tersebut.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Universitas Pelita Harapan (UPH) telah meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ketua Tim Taskforce UPH Unggul Diena Mutiara Lemy mengungkapkan, ada sembilan kriteria penilaian yang telah dipenuhi UPH untuk mendapatkan akreditasi unggul tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Universitas Pelita Harapan (UPH) telah meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ketua Tim Taskforce UPH Unggul Diena Mutiara Lemy mengungkapkan, ada sembilan kriteria penilaian yang telah dipenuhi UPH untuk mendapatkan akreditasi unggul tersebut.

“Terdiri dari visi, misi, tujuan, dan strategi; tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridarma,” ungkap Diena lewat keterangannya, Jumat (12/1/2024).

Raihan predikat itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 1154/SK/BAN-PT/Ak/PT/XII/2023 tanggal 20 Desember 2023. Pencapaian akreditasi tertinggi tersebut menjadi pengakuan kualitas pendidikan yang diberikan, serta kontribusi universitas dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Penyerahan Sertifikat dan Surat Keputusan (SK) Akreditasi Unggul juga telah dilakukan secara simbolis kepada Rektor UPH Jonathan L Parapak dan juga kepada Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) Stephanie Riady di Grand Chapel, UPH Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 10 Januari 2024 lalu.

UPH meraih Akreditasi Unggul setelah melalui serangkaian penilaian lapangan yang dilakukan oleh asesor BAN-PT, termasuk wawancara, eksplorasi dokumen, dan visitasi pada 26-28 November 2023 di UPH Kampus Lippo Village. Diena menambahkan, status itu memberikan manfaat seperti kemudahan bagi mahasiswa dalam melamar pekerjaan, reputasi perguruan tinggi yang baik, dan kemudahan dalam mendapatkan hibah serta mengajukan pembukaan program studi (Prodi).

“Hasil Akreditasi Unggul adalah hasil upaya semua pihak di UPH. Predikat Unggul ini membanggakan untuk semua stakeholder, baik internal maupun eksternal. Kami akan terus mempertahankan dan langkah ini menjadi landasan untuk mengejar akreditasi internasional,” ucap Diena.

Atas pencapaian itu Rektor UPH menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak, terutama seluruh komunitas UPH yang sudah memberikan kontribusi terbaik selama ini. Akreditasi yang didapatkan kali ini menjadi anugerah dan menjadi persembahan UPH bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) atas dukungannya, dan terima kasih kepada Tim Taskforce yang mempersiapkan akreditasi, serta semua pihak yang terlibat. Akreditasi Unggul ini adalah anugerah Tuhan bagi kita, serta menjadi persembahan bagi masyarakat,” kata Jonathan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement