Sabtu 13 Jan 2024 11:19 WIB

Ziarah ke Makam Sa’ad bin Abi Waqqash, Sosok Penyebar Islam di Negeri Tirai Bambu

Sa'ad bin Abi Waqqash merupakan sahabat Nabi Muhammad.

Red: Muhammad Hafil
Peziarah berdoa di depan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, Saad bin Abi Waqqash, Selasa (11/1/2024). Area makam tersebut ramai dikunjungi umat Islam yang sedang berkunjung ke Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.
Foto: Qommaria Rostanti / Republika
Peziarah berdoa di depan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, Saad bin Abi Waqqash, Selasa (11/1/2024). Area makam tersebut ramai dikunjungi umat Islam yang sedang berkunjung ke Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Qommarria Rostanti dari Guangzhou, China

Meski Islam bukan agama mayoritas di China, namun ada beberapa situs Islam yang terdapat di negara tersebut. Di Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, misalnya, ada makam paman sekaligus sahabat Nabi Muhammad SAW, Sa’ad bin Abi Waqqash. 

Baca Juga

Komplek makam yang berada di kawasan Taman Yuexiu, Guangzhou, ini cukup luas sekitar dua hektare. Area yang berdiri sejak 1300 tahun lalu ini kerap dikunjungi Muslim baik dari China maupun negara lain ketika berkunjung ke Guangzhou. 

Arsitektur bangunan makam Saad bin Abi Waggash serupa dengan makam para wali di Indonesia. Makam Sa’ad bin Abi Waqqash berada di sebuah ruangan sekitar 40 meter persegi dan ditutupi kain berwarna hijau. Di bagian tengah terdapat nisan yang terbuat dari semacam granit.

Di sekeliling pusara makam, ada karpet digelar untuk peziarah berdoa. Di dalam ruangan juga terdapat Alquran dan beberapa buku doa.

photo
Suasana di dalam Masjid Shahabi Saad bin Abi Waqqash atau dalam bahasa Mandarin dikenal dengan Xian Xiamn Qingzhensi, yang berada di area Makam Saad bin Abi Waqqash di Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China. - (Qommaria Rostanti / Republika)

 

Selain untuk berziarah, area ini juga bisa digunakan untuk sholat karena terdapat Masjid Shahabi Saad bin Abi Waqqash atau dalam bahasa Mandarin dikenal dengan Xian Xiamn Qingzhensi yang artinya kurang lebih masjid kehormatan utama.

Setiap Jumat, masjid ini dipenuhi umat Islam untuk menunaikan Sholat Jumat. “Sekitar 5.000 orang tiap Jumat ke sini untuk Sholat Jumat,” ujar salah satu imam Masjid Shahabi Waqqash, Ibrahim, ketika ditemui Republika.co.id di Guangzhou, China, Kamis (11/1/2023). 

Dari jumlah tersebut, jamaah atau peziarah terbanyak dari Pakistan dan Bangladesh. Jamaah Indonesia tidak terlalu banyak yang menunaikan ibadah Sholat Jumat di sana karena kebanyakan WNI yang berstatus mahasiswa lebih memilih beribadah di sekitar area kampus. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement