Sabtu 13 Jan 2024 17:20 WIB

Apakah Memencet Jerawat Memperburuk Kondisi? Ini Kata Dokter

Memencet jerawat dengan tangan yang kotor dapat memperburuk kondisinya.

Red: Friska Yolandha
Jerawat (ilustrasi). Memencet jerawat dengan tangan yang kotor dapat memperburuk kondisinya.
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi). Memencet jerawat dengan tangan yang kotor dapat memperburuk kondisinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Fitria Agustina mengatakan memencet jerawat tidak selalu membuat kondisinya menjadi buruk. Hal tersebut tergantung dari kondisi jerawat, tingkat higienitas, hingga teknik yang diterapkan.

"Sebetulnya kita harus lihat dulu pencetnya itu dalam kondisi jerawat seperti apa. Seringkali yang bikin jerawatnya tambah parah adalah kita pencet tapi tangannya kotor," kata dokter spesialis dermatologi dan venereologi lulusan Universitas Indonesia itu di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga

Fitri menjelaskan bahwa memencet jerawat dengan tangan yang kotor dapat memperburuk kondisi jerawat. Jerawat yang awalnya mungkin hanya berupa komedo tanpa peradangan, bisa berubah menjadi meradang jika terpapar bakteri dari tangan yang tidak bersih.

"Nah, kalau itu kita pencet dengan tangan yang penuh dengan bakteri, itu malah menyebabkan yang tadinya tidak radang malah menjadi radang. Dalam hal itu benar jerawat yang dipencet malah tambah meradang atau tambah besar," kata dia.

Namun, Fitria mengatakan dalam beberapa kondisi tertentu, seperti ketika komedo sudah terlihat di permukaan, memencetnya dengan benar, seperti menggunakan alat ekstraktor komedo bisa menjadi pilihan.

Penggunaan alat tersebut, jika dilakukan dengan tepat, misalnya oleh terapis yang terlatih atau dokter, dapat membantu mengeluarkan sumbatan komedo tanpa merusak kulit sekitarnya.

Fitria menambahkan bahwa memencet jerawat oleh diri sendiri seringkali dilakukan dengan teknik salah lantaran belum ada pengetahuan atau keterampilan yang memadai.

Dia mengatakan apabila jerawat sudah dalam kondisi meradang dan berisi nanah, hal tersebut harus diatasi dengan penanganan yang tepat, misalnya dengan membuat saluran khusus sebelum nanahnya dikeluarkan.

"Tentu tidak semata-mata langsung dipencet, tetapi dibuat salurannya dulu dengan menggunakan jarum yang steril, lalu dibuat lubang yang kecil, lalu dipencet perlahan untuk mengeluarkan si nanahnya. Jadi memencet jerawat itu jadi tambah parah atau tidak itu tergantung kondisinya," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement