Ahad 14 Jan 2024 15:21 WIB

Guardiola Sebut De Bruyne Layak Menjadi Legenda Sepak Bola

Keahlian De Bruyne masih sama, tetapi secara fisik terus menurun.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ani Nursalikah
Gelandang Manchester Kevin De Bruyne melakukan selebrasi usai mencetak gol 1-1 pada laga leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, 9 Mei 2023.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Gelandang Manchester Kevin De Bruyne melakukan selebrasi usai mencetak gol 1-1 pada laga leg pertama semifinal Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Manchester City di Stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, 9 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengeluarkan pujian setinggi langit untuk Kevin de Bruyne. Guardiola menilai De Bruyne sudah masuk kategori legenda.

City baru saja meraih kemenangan penting di markas Newcastle United, dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2023/24. The Citizens unggul 3-2 atas Newcastle di Stadion St James Park, Ahad (14/1/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Ahad 14 Januari 2024

De Bruyne masuk di menit ke-69. Pria Belgia itu menggantikan Bernardo Silva. Saat itu, the Sky Blues masih tertinggal 1-2.

Sang gelandang langsung menunjukkan kelasnya. Ia mengubah pertandingan. Lima menit berselang, tepatnya di menit ke-74, ia menyamakan kedudukan.

City mendapat angin segar. Kubu tamu terus mengurung pertahanan the Magpies. Laga sepertinya bakal berkesudahan imbang.

Lalu, pada injury time babak kedua, De Bruyne lagi-lagi berkontribusi positif untuk timnya. Ia melepaskan umpan lambung dari tengah lapangan ke Oscar Bobb di sisi kiri.

Nama terakhir memotong bola yang datang, lalu merobek jala Newcastle. Dramatis. Armada Manchester Biru tersenyum lebar.

"Dia pemain spesial. Dia legenda yang dicintai orang-orang kami," kata Guardiola, memuji De Bruyne, dikutip dari laman resmi klubnya.

Tak berlebihan apa yang dikatakan Pep. Berbagai elemen di City sangat memuja gelandang 32 tahun itu. Dimulai dari para staf, petinggi klub, hingga penggemar.

Sebelumnya, lima bulan De Bruyne dalam pemulihan. Ia terkena cedera hamstring. Cedera yang berulang.

"Lima bulan adalah waktu yang lama, dan di paruh kedua musim ini, ia dapat membantu kami untuk berada di sana hingga akhir," ujar Guardiola.

Ia mengetahui De Bruyne sudah di atas kepala tiga. Keahlian sang pemain masih sama. Namun, secara fisik terus menurun.

Oleh karena itu, Pep mencari terobosan yang paling efektif. Tugas membantu pertahanan tak perlu terlalu dibebankan kepada sosok yang juga pernah membela Chelsea FC tersebut.

"Dia perlu memiliki lebih banyak kebebasan dan ruang untuk bergerak ke arah yang diperintahkan oleh nalurinya," tutur juru taktik asal Katalan itu.

Hasil ini membuat Man City naik ke kursi runner up klasemen sementara. Dengan mengantongi 43 poin, De Bruyne dan rekan-rekan tertinggal dua angka di belakang Liverpool di singgasana.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement