Ahad 14 Jan 2024 23:15 WIB

Menhub Dukung Maskapai dari Indonesia Pakai Pesawat Buatan China

Transnusa menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan COMAC.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Maskapai Transnusa.
Foto: dok istimewa
Maskapai Transnusa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan pimpinan perusahaan pesawat asal China, Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) di Shanghai, China, Kamis (11/1/2024). Budi bertemu dengan Chairman and CPC Secretary COMAC He Dongfeng dan menyaksikan penandatanganan kerja sama antara COMAC dengan maskapai dalam negeri TransNusa. 

Transnusa menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan COMAC. “Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara kedua belah pihak,” kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, pekan ini. 

Baca Juga

Dia menjelaskan, kerja sama tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia. Budi juga mengajak COMAC untuk terus memperkuat kemitraan dan mempertimbangkan untuk berinvestasi mengembangkan industri penerbangan di Indonesia.

Dalam kunjungannya, Budi berkesempatan berkunjung ke pabrik pesawat COMAC untuk menyaksikan langsung proses pembuatan pesawat berteknologi mutakhir dengan pengerjaan yang detail. “Saya menekankan agar produksi pesawat terbang ini betul-betul mengutamakan kualitas yang lebih aman, efisien dan ramah lingkungan," tutur Budi. 

Budi juga berkesempatan mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di pabrik pembuatan pesawat tersebut. Salah satu fasilitasnya yakni COMAC Aircraft Operation Support Control Center.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement