Senin 15 Jan 2024 22:46 WIB

Pemkab Indramayu Siagakan Petugas Medis dan Ambulans untuk Petugas Sorlip

Kelelahan dan dehidrasi merupakan kondisi yang harus diantisipasi oleh petugas sorlip

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Polres Indramayu melalui Seksi Dokter dan Kesehatan (Sidokkes) memberikan layanan kesehatan gratis terhadap petugas sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilu 2024, di Gudang Logistik Widasari Kabupaten Indramayu, Ahad (14/1/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Polres Indramayu melalui Seksi Dokter dan Kesehatan (Sidokkes) memberikan layanan kesehatan gratis terhadap petugas sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilu 2024, di Gudang Logistik Widasari Kabupaten Indramayu, Ahad (14/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemkab Indramayu menempatkan petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada pekerja penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara. Kegiatan tersebut, dilaksanakan di dua gudang penyimpanan KPU, yakni di Desa Langut, Kecamatan Lohbener dan Desa Widasari, Kecamatan Widasari.

Layanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan suhu badan, pemeriksaan tekanan darah, pelayanan farmasi hingga pemberian layanan kesehatan lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan sejak 8 Januari 2024 itu akan terus berlangsung hingga 18 Januari 2024 mendatang.

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan mengatakan, layanan kesehatan di dua gudang itu diberikan kepada seluruh petugas sorlip, baik sebelum maupun setelah melakukan aktivitas. "Ini merupakan bentuk kepedulian ibu bupati kepada masyarakat yang ikut serta untuk dilibatkan dalam tugas pelipatan dan penyortiran surat suara," ujar Wawan, Senin (14/1/2024).

Menurut Wawan, langkah itu diambil oleh Pemkab Indramayu untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa kedaruratan. Tak hanya petugas medis, pihaknya juga menyiagakan ambulans di dua gudang tersebut.

Wawan mengatakan, kelelahan dan dehidrasi merupakan kondisi yang harus diantisipasi oleh petugas sorlip. Pihaknya pun sudah menerapkan prosedur penanganan kedaruratan bilamana ada pekerja sorlip yang mengalami hal tersebut.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kiajaran Wetan, Yulis Susanto, mengatakan, telah menyiagakan dua petugas kesehatan dan satu unit ambulans di gudang penyimpanan KPU di Desa Langut.

‘’Rata-rata keluhan mereka kelelahan, flu, dan kepanasan sehingga kita berikan obat yang dapat meringankan aktivitasnya,’’ kata Yulis.

Yulis menjelaskan, hingga sepekan digelar, belum ada satupun pekerja sorlip yang membutuhkan pelayanan rujukan ke rumah sakit. Dia berharap, melalui pelayanan kesehatan tersebut, kesehatan petugas sorlip bisa terjaga sehingga mengerjakan tugas mereka dengan maksimal.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Indramayu menurunkan sekitar 700 orang untuk proses sorlip Pemilu 2024. Kegiatan itu dilaksanakan selama sepuluh hari, mulai 8 Januari hingga 18 Januari 2024. Jumlah surat suara lima jenis yang disortir dan dilipat sebanyak 7.020.560 lembar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement