Rabu 17 Jan 2024 14:25 WIB

Teknologi AI Bantu Dunia Perangi Perubahan Iklim

Artificial Intelligence (AI) bisa menjadi solusi dan dimanfaat untuk masalah iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
AI dapat membantu dunia memerangi dan mengurangi dampak perubahan iklim.
Foto: www.freepik.com
AI dapat membantu dunia memerangi dan mengurangi dampak perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peluncuran Artificial Intelligence Advisory Body yang dipimpin PBB memajukan tren global yang sedang berkembang untuk memanfaatkan pembelajaran mesin, guna menemukan solusi bagi tantangan-tantangan dalam masalah iklim. Badan ini percaya, AI bisa menjadi alat untuk mempercepat dan meningkatkan upaya untuk mewujudkan ambisi global sejalan seperti 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), yang berfungsi sebagai cetak biru dunia untuk membuat planet ini lebih hijau, lebih bersih, dan lebih adil.

Lantas bagaimana AI dapat membantu dunia memerangi dan mengurangi dampak perubahan iklim? Berikut penjelasan para pakar PBB seperti dilansir UN News, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga

1. Cuaca

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB, teknologi yang digerakkan AI dapat meningkatkan pemodelan dan prediksi pola perubahan iklim yang dapat membantu masyarakat dan pihak berwenang untuk menyusun strategi adaptasi dan mitigasi yang efektif. Beberapa lembaga PBB mendukung masyarakat yang rentan di Burundi, Chad, dan Sudan melalui proyek yang digerakkan oleh AI untuk menyelidiki perubahan lingkungan di masa lalu di sekitar titik-titik pengungsian dan memberikan proyeksi di masa depan untuk menginformasikan langkah-langkah adaptasi dan tindakan antisipatif untuk diintegrasikan ke dalam program kemanusiaan.